PAN Santer Diisukan Masuk Kabinet, Ini Calon Menterinya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 11:50 WIB
PAN menggelar rakernas untuk mempersiapkan pemilihan ketua umum partai itu. Sejumlah tokoh mulai dari Amien Rais hingga Zulkifli Hasan hadiri acara itu.
PAN (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) santer diisukan mendapat jatah kursi dari reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II. Beberapa nama elite PAN disebut-sebut sebagai calon menteri.

Informasi yang diterima, PAN bakal mendapat satu pos di Kabinet Indonesia Maju. PAN kabarnya akan mendapat satu di antara kursi menko atau menteri teknis.

"Tetapi tetap kita juga ranah soal reshuffle ini betul-betul domain Pak Jokowi sebagai kepala negara. Jadi kita tetap menunggu dan tidak pernah berangan-angan. Tapi, jika memang dipercaya, kita siap membantu yang terbaik untuk pos-pos yang mungkin akan diberikan kepada kami. Prinsipnya begitu," kata Ketua PAN Mumtaz Rais, Jumat (16/4/2021).

PAN kabarnya sudah menyiapkan sejumlah nama untuk dua posisi yang mungkin diberikan. Ada nama yang disiapkan untuk jadi menko, ada juga yang disiapkan untuk menjadi menteri teknis.

Jatah PAN kabarnya tak bakal diambil Ketua Umum Zulkifli Hasan. Ada nama lain yang digadang-gadang, yakni Sekjen PAN Eddy Soeparno. Namun ada juga yang menyebut nama Asman Abnur sebagai kandidat menteri dari PAN.

Mumtaz Rais, saat dimintai konfirmasi mengenai nama-nama calon menteri dari PAN, mengaku tak ingin berspekulasi. Dia menyatakan mendukung Zulkifli Hasan menjadi pembantu Presiden Jokowi di kabinet.

"Kalaupun dipercaya oleh Pak Jokowi untuk mengisi pos dari kabinet beliau, daripada nama yang beredar itu, kenapa nggak ketumnya sendiri. Nah, itu kalau analisis pribadi saya, tapi boleh juga siapa pun yang terbaik dinilai oleh Pak Jokowi mengisi, itu kita akan dukung secara moril dan lain-lain," ujar Mumtaz Rais.

Simak video 'Tiga Langkah PAN Jika Ditawari Masuk Kabinet Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)