Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet di Rabu Pon atau Pahing Lagi?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 10:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan segera melakukan reshuffle kabinet. Namun hingga kini belum diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan perombakan kabinetnya.

Dirangkum detikcom, Senin (19/4/2021), reshuffle kabinet biasanya terjadi di hari Rabu. Entah kebetulan, entah tidak, namun tercatat sudah lima kali reshuffle kabinet Jokowi dilaksanakan pada hari Rabu.

Menurut kalender Jawa, tiga reshuffle kabinet dilakukan pada Rabu Pon. Sementara dua reshuffle kabinet dilakukan pada Rabu Pahing.

Empat reshuffle dilakukan Jokowi pada pemerintahan pertamanya, yakni periode 2014-2019. Kala itu, tepat pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015, Jokowi me-reshuffle Kabinet Kerja.

Saat itu, Luhut Pandjaitan, yang semula Kepala Staf Kepresidenan, menggantikan Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno. Ada nama yang cukup bikin heboh saat itu, yakni Rizal Ramli, yang merupakan Menko Perekonomian era Gus Dur, menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo. Jokowi sengaja me-reshuffle kabinetnya karena ingin menteri yang bekerja keras.

Reshuffle kabinet kedua juga dilakukan pada Rabu Pon, tepatnya pada 27 Juli 2016. Anies Baswedan, yang saat itu merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kena reshuffle dan meninggalkan kabinet. Anies kemudian digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Luhut Pandjaitan juga kena reshuffle, tapi tetap di pemerintahan. Luhut dipindah dari Menko Polhukam menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli. Adapun Sri Mulyani Indrawati masuk kabinet sebagai Menteri Keuangan.

Dua tahun kemudian, Kabinet Kerja kembali dirombak. Reshuffle ini kala itu bertepatan dengan tahun politik Pilkada 2018. Pada 17 Januari 2018, Jokowi melantik menteri baru. Momentum reshuffle kabinet jilid III ini bertepatan dengan Rabu Pahing.

Setahun sesudahnya, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Kali ini, reshuffle kembali dilakukan pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Saat itu, politik Pilpres 2019 sudah makin panas. Ada satu menteri di kabinet Jokowi yang berasal dari PAN, Asman Abnur, selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) mundur dari jabatannya. PAN kala itu bukan pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Pada 2019, Jokowi terpilih lagi. Setahun lebih memimpin, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinetnya.

Saat itu, Jokowi memperkenalkan 6 menteri barunya pada 22 Desember 2020 yang jatuh pada Selasa Pahing. Sementara pelantikan para menteri baru Kabinet Indonesia Maju itu dilakukan, lagi-lagi, pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Ada 6 menteri baru yang dilantik saat itu. Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. Risma menggantikan Juliari Batubara, yang menjadi tersangka kasus suap bansos Corona.

Kemudian, Sandiaga Salahudin Uno, yang menggantikan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Budi Gunadi Sadikin yang menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

Selanjutnya, Yaqut Cholil Qoumas yang menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Trenggono menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka suap ekspor benur. Terakhir Muhammad Lutfi yang menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Jika mengikuti kebiasaan Jokowi itu, bukan tak mungkin reshuffle kabinet berikutnya juga dilakukan pada Rabu Pon atau Rabu Pahing.

Pada April 2021 ini, Rabu Pahing jatuh pada pekan ini, tanggal 21 April. Sementara, pada Mei 2021, Rabu Pon jatuh pada 12 Mei, sehari sebelum Lebaran. Sedangkan Rabu Pahing jatuh pada 26 Mei.

Simak video 'Ngabalin Yakin Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi!':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/van)