Wagub DKI Bakal Jadi Saksi Sidang Kasus Kerumunan Habib Rizieq

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 09:16 WIB
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, disebut akan menjadi salah satu saksi di sidang kasus kerumunan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab. Hal itu disampaikan oleh kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar.

Mulanya, Aziz ditanya mengenai berapa saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) hari ini. Dia menyebut 5-10 orang saksi yang akan dihadirkan jaksa.

"Mungkin ada lima atau sepuluh saksi kasus kerumunan," ujar Aziz di depan PN Jakarta Timur, Rabu (19/4/2021).

Aziz kemudian menyebut Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan menjadi salah satu saksi di persidangan. Dia mengatakan saksi-saksi itu dihadirkan sesuai dengan BAP.

"Urutan aja dari BAP-nya. (Anies Baswedan) nggak ada di kesaksian. Yang ada Wakil Gubernur DKI, harusnya hari ini," kata Aziz.

Pantauan detikcom di lokasi, Habib Rizieq telah tiba di PN Jakarta Timur sekitar pukul 08.10 WIB diantar menggunakan mobil Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Dia tiba dengan pengawalan ketat polisi.

Sejumlah personel polisi juga berjaga di depan PN Jakarta Timur. Selain itu, pagar berduri dipasang di depan pengadilan.

Tak hanya personel, kendaraan seperti water canon, barracuda, kendaraan pengurai massa (raisa) juga disiagakan. Kondisi lintas di depan PN Jakarta Timur terlihat ramai lancar. Sementara itu, belum ada massa simpatisan Rizieq yang berada di sekitar pengadilan.

Selain Habib Rizieq, ada lima terdakwa lain di kasus ini. Mereka merupakan eks Ketum FPI, Ahmad Shabri Lubis, Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2