Kemlu Dalami Keberadaan Jozeph Paul Zhang yang Ngaku Nabi ke-26

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 18:32 WIB
Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Foto: Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI masih mendalami keberadaan Jozeph Paul Zhang, yang diduga menista agama dan mengaku sebagai nabi ke-26. Sampai saat ini belum ada kepastian keberadaan Jozeph.

"Masih didalami keberadaan yang bersangkutan," ujar Juru Bicara Kemlu RI, Faizasyah kepada detikcom saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

Bareskrim Polri sendiri melakukan koordinasi dengan Interpol untuk memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menduga Jozeph tidak berada di Indonesia. Polri juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Dalam kasus ini, Jozeph sudah dipolisikan. Jozeph Paul Zhang dipolisikan atas dugaan penistaan agama.

Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021. Pelapor Jozeph ke Bareskrim, Husin Shahab, mengaku mendapat informasi bahwa Jozeph diduga berada di Jerman.

"Iya saya dengar berita, informasi, dari beberapa netizen, dia bilang bahwa Jozeph Paul ini ada di Jerman," kata Husin saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

"Dan kemudian dari Pak Kapolri sendiri sudah investigasi di imigrasi, mengecek langsung bahwa orang ini memang ada bepergian, bepergian ke luar negeri," tambahnya.

Husin melaporkan Jozeph atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Penistaan Agama Pasal 156A KUHP.

Simak video 'Diduga Menista Agama, Jozeph Paul Zhang Diburu Bareskrim!':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)