BRI Ramadan Update

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat dan Niatnya

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 17:51 WIB
One day One Hadits Keutamaan Sholat Lima Waktu
Foto: Denny putra/detikcom
Jakarta -

Sholat witir menurut bahasa artinya ganjil. Sholat witir adalah sholat sunnah yang bilangan rakaatnya ganjil. Menurut buku "The Miracle of Night Shalat Tahajud" oleh Ustadz Hasan Albany, jumlah rakaat sholat witir minimal satu rakaat dan maksimal sebelas rakaat.

Sholat witir dikerjakan sebagai penutup sholat. Biasanya setelah sholat tahajud atau sholat tarawih pada bulan Ramadhan.

Sholat witir adalah salah satu sunnah muakkad. Maksudnya, sunnah yang pelaksanaannya sangat dianjurkan. Hal itu berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah RA bahwa ia berkata:

"Kekasihku Rasulullah mewasiatkan kepadaku tiga hal, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat sholat dhuha dan sholat witir sebelum tidur." (HR. Jama'ah).

Dalam riwayat Abu Ayyub Al-Anshari bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat witir adalah hak bagi setiap muslim, maka siapa yang ingin mengerjakan lima rakaat maka kerjakanlah, siapa yang ingin mengerjakan tiga rakaat maka kerjakanlah dan siapa yang ingin mengerjakan satu rakaat maka kerjakanlah." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Nasa'i).

Dalam buku 'Panduan Shalat Lengkap Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW karya Ali Abdullah, tata cara sholat witir tiga rakaat yakni dengan salam pada rakaat kedua, lalu berdiri lagi melanjutkan satu rakaat.

Bacaan niat sholat witir

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya, "Aku menyengaja sholat sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Itulah cara sholat witir dan niatnya yang bisa kita amalkan.

(lus/erd)