Terpopuler Sepekan

Isu Reshuffle Menguat dan Misteri Anggota Kabinet M

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 09:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Maruf untuk Kabinet Indonesia Maju.
Jokowi saat mengumumkan 6 menteri baru di Istana Negara. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Jakarta -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju berembus kencang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengocok ulang susunan anggota kabinetnya itu dalam waktu dekat.

Isu reshuffle ini muncul setelah Jokowi meleburkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Ristek (Kemenristek) menjadi satu serta membentuk Kementerian Investasi seperti dirangkum detikcom, Minggu (18/4/2021).

Penggabungan Kemendikbud-Ristek dan pembentukan Kementerian Investasi disepakati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat paripurna 9 April 2021. Setelahnya, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid 2 mengemuka. Di reshuffle pertama pada Desember 2020, Jokowi merombak ulang posisi Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Sosial, Menteri Pariwisata, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, serta Menteri Kesehatan.

Juru bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyebut Ma'ruf sudah diajak Jokowi berbicara mengenai reshuffle. Namun Masduki tidak memerinci lebih jauh soal obrolan reshuffle kabinet itu.

"Kalau terkait dengan soal apakah nanti ada reshuffle, tentu Wapres udah rembukan, diajak rembukan oleh presiden," kata Masduki.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menyebut Jokowi dalam waktu dekat akan melantik dua menteri di Kementerian Investasi dan Kemendikbud-Ristek. Pernyataan tersebut disampaikan Ngabalin di akun Twitter, Rabu (14/4/). Namun Ngabalin tidak mengetahui pasti apakah ada menteri baru lain yang juga akan dilantik.

"Presiden insyaallah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan & siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden & kita tunggu saja. #KabinetIndonesiaMaju," tulis Ngabalin.

Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Faisol Riza menyebut bakal ada dua lagi pos kementerian yang terkena reshuffle, di luar Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Kini, kata Faisol, pihak yang berkepentingan sedang melakukan kajian terhadap dua kementerian itu.

"Masih ada dua pos, masih dalam kajian," kata Faisol.

Kembali ke Ngabalin, dia menyebut reshuffle kabinet bakal digelar pekan ini. Ngabalin melempar isu reshuffle kabinet pekan ini karena mengaku tahu kebiasaan Presiden Jokowi.

"Presiden sangat independen, tidak ragu mengambil keputusan. Biasanya cepat. Bang Ali yakin dalam pekan ini beliau akan mengambil keputusan-keputusan penting itu," jelas Ngabalin, Selasa (13/4).

Simak video 'Ini Daftar Menteri Layak Reshuffle Versi Survei':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3