Kasus Corona DKI Naik, Gerindra Soroti Dinkes Lamban Lakukan Tracing

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 08:18 WIB
Warga tampak berkerumun saat berolahraga di kawasan Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Minggu (7/3). Padahal kasus positif COVID-19 di DKI masih tinggi.
Aktivitas warga saat pendemi Corona di DKI (Foto: Rengga Sencaya)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan terjadi lonjakan kasus Corona dalam 2 pekan terakhir. Partai Gerindra DKI Jakarta menyoroti bahwa Dinas Kesehatan dan Puskesmas lamban dalam melakukan kontak tracing.

"Kadang masalahnya juga ada yang misal sudah ada suspect positive terus kontak Dinkes atau Puskesmas terdekat sesuai domisili, tapi karena responsnya lama untuk tracing kan mengkhawatirkan juga. Kalau ada suspect-suspect lain tapi OTG yang masih bebas berkeliaran. Ini kan juga jadi beresiko peningkatan yang terpapar," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani kepada wartawan, Sabtu (17/4/2021).

Rani menekankan bahwa Dinkes adalah ujung tombak dalam menangani pandemi Corona. Oleh sebab itu dia meminta agar Dinkes cepat dalam menangani warga yang kemungkinan terpapar.

"Intinya mau ada peningkatan ataupun penurunan data pasien terpapar COVID, pihak jajaran Dinkes tidak boleh kendur, harus stabil bahkan ada peningkatan pelayanan terus ke masyarakat bekerja sama dengan perangkat wilayah lainnya semisal camat, lurah maupun RT/RW untuk terus memantau perilaku masyarakat sesuai prokes yang dianjurkan. Ujung tombak masalah pandemi yaitu Dinkes dan jajarannya kan," tutur Rani.

Selain itu, Rani juga menyoroti warga yang mulai tak peduli dengan protokol kesehatan. Dia mengatakan warga harus diedukasi lebih masif.

"Tapi juga harus diedukasi agar dapat mencegah paparan virus barunya. Udah harus tarafnya bukan meminta lagi tapi memohon agar terus patuhi anjuran prokes minimal lakukan untuk diri sendiri dan peduli terhadap orang lain," jelas dia.

Simak juga 'Pantau Keamanan Vaksin Corona, Perusahaan Farmasi Wajib Lakukan Ini!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2