Bupati Dukung Pemekaran Wilayah: Bogor Terlalu Besar untuk 1 Kabupaten

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 06:18 WIB
Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Bupati Bogor Ade Yasin menyambut baik rencana persiapan daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Timur. Ade mengatakan Bogor terlalu besar untuk sebuah kabupaten.

"Kabupaten Bogor sudah terlalu besar untuk sebuah kabupaten, makanya disepakati untuk dibuat daerah otonomi baru," kata Ade Yasin saat dihubungi, Sabtu (17/4/2021).

Ade berharap dengan adanya pemekaran wilayah ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Dia berharap masyarakat juga makin sejahtera.

"Ke depannya agar setelah pemekaran ini lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan potensi dan mampu menyejahterakan masyarakat," kata dia.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebelumnya menandatangani surat persetujuan bersama antara Pemda Provinsi Jabar dan DPRD Jabar mengenai dua Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB), yakni Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat.

Penandatanganan berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar tentang CDPOB Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat, dan Persetujuan Rencana Kerja Sama Luar Negeri di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung kemarin.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menyatakan kebijakan penataan daerah di Pemda Provinsi Jabar tertuang dalam misi tiga RPJMD 2018-2023.

"Yaitu mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4).

Lihat juga video 'Pemekaran Wilayah Papua Dinilai Menambah Kesejahteraan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/jbr)