detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Rahasia Hati

Trisna Wulandari - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 20:12 WIB
Jakarta -

Hati manusia yang mudah berubah-ubah membuat Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah. Rasulullah SAW bersabda:

"Hati manusia itu seperti sehelai bulu yang ada di tengah padang pasir yang berangin kencang."

Ustaz Hanan Attaki menuturkan, seseorang tidak dilarang berharap pada manusia, juga tidak dilarang meminta tolong pada manusia. Kendati demikian, seseorang dilarang berharap dan meminta tolong pada manusia lebih dari kita berharap dan meminta tolong pada Allah SWT.

"Sebab, manusia dikuasai oleh hatinya, sedangkan hati manusia seperti bulu di tengah padang pasir," tuturnya dalam episode detikKultum, "Rahasia Hati", Sabtu (17/4).

"Ketika hari ini seseorang menjadi hamba yang taat pada Allah, esok tiba-tiba dapat menjadi orang yang durhaka. Begitu pun perasaan gembira hari ini dapat berganti kesedihan keesokan hari. Begitu pun ketika seseorang merasakan kenyamanan dalam ibadah, namun esoknya nyaman meninggalkan ibadah," tambahnya.

Ustaz Hanan Attaki menuturkan, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa meminta kepada Allah agar Ia menjaga dan meneguhkan hati hamba-Nya. Allah SWT juga mengajarkan doa yang sama di dalam Al-Qur'an agar hati kita tidak terombang-ambing terlalu jauh.

Ia kemudian mengajarkan bagaimana meminta keteguhan hati pada Allah dengan berdoa, serta mengingatkan bagaimana Allah tidak pernah berubah dalam mencintai dan merahmati hamba-Nya.

Selengkapnya detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Rahasia Hati tonton DI SINI.

(erd/erd)