Anggota Komisi I DPR Minta Aparat Tindak KKB Papua: Jangan Berlarut-larut!

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 14:53 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
TB Hasanuddin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin meminta aparat bertindak tegas kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. TB menilai, apabila KKB terus dibiarkan, bisa berbahaya.

"Intinya saya meminta, pertama, status kelompok bersenjata ini harus jelas, mau separatis OPM atau KKB, kalau mau status separatis OPM, serahkan ke prajurit TNI untuk diselesaikan, tapi kalau mau KKB, ya serahkan sama Polri, nanti bisa dibantu TNI. Kemudian polisi sebagai penegak hukum berhak mengatasi masalah ini. Tapi jangan dibiarkan berlarut-larut. Karena, kalau dibiarkan, namanya separatis, ini bisa di ujung tombak, bisa lepas," ujar TB Hasanuddin saat dihubungi, Sabtu (17/4/2021).

Status yang dimaksud TB Hasanuddin adalah status kelompok ini masuk ke gerakan separatis atau kelompok kriminal. Menurutnya, kalau pemerintah menetapkan sekelompok orang ini sebagai kelompok separatis, TNI segera turun tangan. Tetapi, jika kelompok ini statusnya kriminal, Polri-lah yang harus segera menyelesaikannya. TB meminta kejelasan status ini.

"Kalau memang diubah menjadi KKB, ya sudah, menurut hemat saya, diturunkan saja kekuatan Polri sebagai penegak hukum secara masif dengan kekuatan besar supaya segera selesai, jangan sampai pada saat berstatus OPM juga tidak diapa-apakan, lalu ketika KKB polisi juga tidak digerakkan, akhirnya korban berjatuhan," tegasnya.

Politikus PDIP itu juga mengusulkan adanya dialog antara pemerintah pusat dan tokoh-tokoh di Papua. Menurutnya, dialog ini salah satu cara yang pas untuk menyelesaikan masalah.

"Kan banyak dialog ditentang, kenapa dengan pemberontak harus dialog? Tidak, anggap saja dialog pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, antara bapak dan anak, boleh dong dalam demokrasi dalam bingkai tegaknya NKRI," katanya.

Selanjutnya >>>

Tonton juga Video: Pendeta di Beoga Ungkap Kekejian KKB: Sekolah, Anak Perempuan Hancur

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2