Round-Up

Deretan Kebengisan KKB di Papua, Bunuh Guru hingga Siswa

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 04:15 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
Foto: Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Ulah bengis kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua tiada hentinya. Mereka melakukan sejumlah rentetan kekerasan bersenjata terhadap guru hingga siswa sekolah di Papua.

Gerombolan KKB ini menembaki guru dan siswa sekolah, hingga menimbulkan korban tewas. Tak hanya berhenti di situ, mereka juga membakar sekolah.

Dirangkum detikcom, Jumat (16/4/2021), deretan kebengisan KKB terjadi sejak pekan lalu. Seorang guru SD di Kabupaten Puncak, Papua ditembak oleh KKB.

Berikut deretan kebengisan KKB Papua terhadap guru hingga siswa:

1. Guru SD di Papua Tewas Ditembak KKB

KKB Papua melakukan penembakan terhadap masyarakat sipil di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, tadi pagi. Akibatnya, seorang guru SD atas nama Oktovianus Rayo (43) tewas dalam penembakan itu.

"Iya betul (ada guru SD yang tewas)," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi, Kamis (8/4/2021).

Kejadian bermula sekitar pukul 09.50 WIT tadi di Kampung Julukoma di mana telah terjadi penembakan oleh kelompok KKB terhadap masyarakat sipil. Orang tak dikenal (OTK) datang ke rumah Oktovianus.

Menurut Kamal, saat itu korban sedang menjaga kios. Tiba-tiba OTK tersebut masuk ke rumah dan langsung melakukan penembakan ke arah korban.

Adapun tembakan itu mengenai bagian rusuk sebelah kanan Oktovianus. Korban pun meninggal dunia akibat luka tembak yang dideritanya itu.

"Mengenai rusuk kanan dan luka lubang sebanyak 2 lubang tidak tembus dan mengakibatkan korban meninggal dunia," tuturnya.

Dua orang dikabarkan sempat hilang usai penembakan ini, namun beberapa waktu kemudian ditemukan. Polisi menyebut KKB Papua yang menembak guru SD ini pimpinan kelompok Sarbinus Waker.

2. KKB Bakar 3 Sekolah di Kabupaten Puncak

KKB di Papua membakar tiga sekolah di Kabupaten Puncak. Pembakaran dilakukan sore hari usai penembakan terhadap guru SD.

Mereka juga membakar rumah guru. Kini kondisi bangunan-bangunan itu disebut rata dengan tanah.

"Informasi terbaru sekira pukul 18.15 WIT, sekolah SD Jambul. SMPN 1 dan SMA 1 Beoga, serta rumah guru dibakar oleh KKB. Sudah rata dengan tanah kondisinya," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudussy, kepada detikcom, Kamis (8/4/2021).

KKB yang membakar tiga sekolah tersebut merupakan kelompok yang dipimpin oleh Nau Waker. Kelompok ini diburu personel TNI-Polri.

"Pimpinan dia (Nau Waker). TNI-Polri akan terus bergerak, segera mungkin untuk mengejar KKB. Di mana TNI-Polri telah berhasil kuasai wilayah Waker di Intan Jaya kemarin," ucap Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudussy, kepada detikcom, Kamis (8/4/2021).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Cerita Pilu Istri Tukang Ojek yang Ditembak KKB di Papua

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3