Top 5 News

Wacana Poros Islam di 2024 hingga Habib Rizieq Sandang Gelar PhD

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 19:53 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta - Wacana koalisi poros Islam di Pemilu 2024 mengemuka setelah pertemuan PPP dan PKS. Wacana itu pun disambut baik oleh partai Islam lain, yakni PKB dan PBB.

Sementara itu, Habib Rizieq Shihab (HRS) menjalani sidang disertasi secara online dari rutan Bareskrim Polri. Ujian disertasi tersebut berlangsung selama 3 jam.

Selain dua berita di atas, ada beberapa informasi lain yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (16/4/2021).

1. Koalisi Partai Islam di Pemilu 2024

Wacana koalisi partai-partai Islam berawal dari pertemuan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Rabu (14/3) malam. Keduanya tidak menampik untuk sama-sama membuka peluang berkoalisi.

Sementara itu, PKB menunggu wacana itu digagas dengan serius dan menyatakan akan siap bergabung. Selain itu, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra juga mendukung wacana tersebut sembari mendorong pembentukan koalisi partai Islam.

Baca Selengkapnya: Rencana Koalisi Partai Islam

2. HRS Sidang Disertasi di Rutan Salemba

Ujian disertasi Habib Rizieq digelar pada Kamis (15/4) pukul 13.00 WIB. Disertasi HRS diuji oleh Profesor Madya Dr Kamaluddin Nurdin Marjuni serta Dr Ahmed Abdul Malik.

Pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, membenarkan uji disertasi itu. Habib Rizieq dinyatakan lulus dan resmi mendapatkan gelar PhD.

Baca Selengkapnya: Sidang Disertasi Habib Rizieq Shihab

3. Jeff Smith Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkoba

Aktor Jeff Smith ditangkap polisi terkait penyalahgunaan narkoba. Bintang sinetron berusia 23 tahun itu ditangkap di base camp manajemennya yang ada di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dilakukan tes urine, Jeff Smith positif mengonsumsi ganja. polisi menyita barang bukti narkoba yang ditemukan di kendaraannya.

Baca Selengkapnya: Jeff Smith Ditangkap Gegara Narkoba

4. Perawat Perempuan Dianiaya Keluarga Pasien

Seorang perawat perempuan diduga dianiaya keluarga pasien hingga memar di perut dan wajah. Video penganiayaan terhadap perawat sebuah rumah sakit (RS) swasta di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) itu viral di media sosial.

Dalam video terlihat petugas keamanan yang mencoba melerai. Selain itu, ada pria berpakaian biasa yang mengaku polisi juga mencoba melerai keributan.

Baca Selengkapnya: Perawat RS Dianiaya Keluarga Pasien

5. Cekcok Menlu Yunani dan Turki di Konferensi Pers

Menteri Luar Negeri (Menlu) dari Yunani dan Turki terlibat cekcok dan perdebatan panas soal berbagai isu saat menggelar konferensi pers bersama di Ankara pada Kamis (15/4) waktu setempat. Kedua negara yang saling bertetangga ini diketahui berselisih sengit selama setahun terakhir.

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengawali konpers dengan memuji 'dialog sangat positif' yang baru saja digelar dengan Dendias di Ankara. Di sisi lain, Menlu Yunani Nikos Dendias langsung membahas serangkaian keluhan sejak lama soal Turki, mulai dari soal pencarian sumber daya gas alam di perairan sengketa hingga perlakuan Turki terhadap kelompok minoritas Yunani Ortodoks dan perselisihan kedua negara soal imigran.

Baca Selengkapnya: Perselisihan Menlu Turki & Yunani

[Gambas:Video 20detik]




(ega/ega)