detikcom Do Your Magic

Jembatan Kota Paris di Johar Baru Ini Masih Jadi Akses Tawuran Warga

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 17:37 WIB
Jembatan Kota Paris Johar Baru Jakarta Pusat jadi area tawuran.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Jembatan penghubung antara dua wilayah ini acap kali menjadi akses tawuran antarwarga. Masalah ini menantikan solusi.

Jembatan ini disebut warga sebagai jembatan Kota Paris, melintang di atas Kali Sentiong, menghubungkan antara Kelurahan Kampung Rawa dan Kampung Kota Paris (Kelurahan Tanah Tinggi), keduanya masuk Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Terakhir, tawuran terjadi di kawasan ini pada pekan lalu. Jangan sampai tawuran terjadi lagi.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (16/4/2021) pukul 16.00 WIB, jembatan ini cukup sulit dilewati. Jembatan tersebut sebenarnya terlihat kokoh karena dibuat dengan beton.

Tinggi jalan dengan jembatan berselisih sekitar 1 meter, posisi jembatan lebih tinggi. Warga harus menaiki jembatan tanpa ada tangga untuk naik.

Di atas jembatan ada juga tembok yang menghalangi warga yang ingin melintas di jembatan tersebut. Tembok dibangun warga pada 2017 silam untuk menghalau tawuran. Warga yang ingin menyeberang harus melompati tembok setinggi 1,5 meter tersebut.

Di pinggir kali, di Kelurahan Kampung Rawa banyak permukiman penduduk yang menghadap Kali Sentiong. Di seberangnya juga terlihat tidak jauh berbeda. Daerah tersebut memang daerah pemukiman yang padat penduduk.

Jembatan tersebut dikatakan sering dilewati orang yang terlibat tawuran. Warga menjelaskan tawuran biasanya terjadi di Jalan Baladewa, bukan di jembatan tersebut.

"Tawurannya sih di sini nih, di seberang cuma akses dari sana banyak orang nyebrang, jadi saya lihat jadi lalu lintas orang tawuran," kata Ketua RT 01/RW 06, Kelurahan Kampung Rawa, Johar Baru Maman Hermana saat ditemui di rumahnya.

Menurut Maman intensitas tawuran memang sudah menurun dari beberapa tahun lalu. Namun, sebelum memasuki bulan puasa tawuran kembali terjadi. "Tapi akhir-akhir ini sih agak berkurang," ujarnya.

"Seminggu yang lalu (ada tawuran)," kata Maman saat dikonfirmasi.

Ketua RT 01/RW 06, Kelurahan Kampung Rawa, Johar Baru Maman HermanaKetua RT 01/RW 06, Kelurahan Kampung Rawa, Johar Baru Maman Hermana Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
(aik/dnu)