Spotlight

Jeff Smith dan Fenomena Artis Muda Terjerat Ganja

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 16:12 WIB
Jakarta -

Penangkapan artis muda Jeff Smith karena kasus ganja menambah sederet nama pesohor yang terjerat ganja. Ada apa di balik fenomena ini?

Jeff Smith ditangkap pada Kamis (15/4) sekitar pukul 03.00 WIB oleh Unit 1 Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di bawah Pimpinan AKP Arif Purnama Oktora. Kemudian polisi melakukan tes urine terhadap Jeff Smith. Artis berusia 23 tahun itu pun dinyatakan positif mengonsumsi ganja dengan kandungan tetrahydrocannabinol (THC).

"Tes urine positif," kata Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakbar AKP Arif Purnama Oktora saat dihubungi detikcom, Jumat (16/4/2021).

Jeff Smith sendiri tidak membantah bahwa dirinya menggunakan narkoba. Jeff Smith juga mengatakan alasannya di balik menggunakan barang haram tersebut.

"Pakai sudah dua tahun yang lalu. (Alasan pakai) ya karena nggak bisa tidur aja sih," ujar Jeff Smith.

Sebelum Jeff Smith, sederet artis pernah ditangkap gara-gara mengonsumsi ganja. Deretan artis muda yang pernah terjerat kasus ganja di antaranya Naufal Samudra, Jefri Nichol, Roger Danuarta, dan Ammar Zoni. Mereka telah menjalani hukuman atau rehabilitasi dan kini sudah kembali beraktivitas seperti biasa.

Lantas, apa pangkal masalah fenomena artis muda terjerat kasus ganja?


Bandar Incar Artis karena Kemampuan Daya Beli

Karo Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono menilai fenomena artis yang terjerat kasus narkoba biasanya karena faktor kemampuan daya beli. Pria yang akrab disapa Pudjo itu mengatakan artis dinilai memiliki kemampuan untuk membeli narkoba sehingga bandar pun justru mengincar pasar 'artis'.

"Jadi bandar itu mencari kelompok masyarakat yang mampu membeli narkotika, jadi ini masalah daya beli, supply and demand. Jadi kalau saudara yang mempunyai cukup uang dia potensi untuk disasar oleh para bandar itu," kata Pudjo saat berbincang dengan detikcom, Jumat (16/4/2021).

Pudjo mengatakan sejatinya semua golongan masyarakat memiliki potensi terpapar narkoba. Justru, menurutnya, hal itu kembali ke mental seseorang terhadap godaan narkoba.

"Artis itu sebuah representasi masyarakat. Jadi masyarakat, polisi, artis, BNN itu punya potensi terpapar narkoba juga kalau dia ga kuat mentalnya. Potensi keterpaparan semua jenis pekerjaannya ada," ujarnya.

Pudjo juga menjawab soal banyaknya artis yang direhabilitasi saat terjerat kasus narkoba. Ia menjelaskan jika artis tersebut merupakan pengguna narkoba maka akan dikenai hukuman rehabilitasi, sedangkan jika pengedar atau bandar narkoba akan dihukum penjara.

Kemudian mereka yang direhab sebelumnya juga harus dilakukan assessment, misalnya berapa lama pemakaian, seberapa ketergantungannya, kondisi psikologisnya, intensitas pemakaian, daya tahan tubuhnya. Nantinya mereka yang direhab akan menjalani hukuman rehabilitasi di tempat yang ditunjuk, misalnya di balai rehabilitasi milik BNN.

Simak selanjutnya analisis psikolog Universitas Tarumanegara menanggapi fenomena artis muda yang terjerat kasus ganja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3