Polisi Ungkap Alasan Buron Teroris Saiful Basri Menyerahkan Diri

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 15:32 WIB
DPO Teroris Saiful Basri dan Sanny Nugraha diburu Densus 88 Antiteror. Foto dikirim orang Densus.
Foto: dok. istimewa
Jakarta -

Terduga teroris yang diburu Densus 88 Antiteror Polri, Saiful Basri, menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Polri mengungkap alasan Saiful Basri menyerahkan diri.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebut Saiful Basri menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu pada Kamis (15/4/2021) pagi. Menurutnya, Saiful Basri menyerahkan diri karena merasa identitasnya telah diketahui banyak orang.

"Kami sampaikan SB menyerahkan diri dengan alasan identitas dirinya telah diketahui oleh banyak orang melalui medsos sebagai DPO. Sehingga yang bersangkutan menyerahkan diri di Polsek Pasming," kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Dia mengatakan tak ada benda mencurigakan yang dibawa Saiful Basri saat menyerahkan diri. Ramadhan menyebut Saiful Basri diduga terlibat dalam perencanaan membuat bom, perencanaan teror, hingga percobaan bom di Bogor, Jawa Barat.

"Keterlibatan SB adalah ikut merencanakan dan mengetahui pembuatan bom. Kemudian ikut melakukan pelatihan serta percobaan bom di daerah Ciampea, Bogor. Kemudian mengetahui pembelian remote dan aseton dan menyiapkan arang-arang sebagai bahan peledak," ucapnya.

Saiful Basri saat ini telah diserahkan ke Densus 88. Usai Saiful Basri menyerahkan diri, DPO teroris di Jakarta tinggal tersisa tiga orang.

"Dari total enam DPO yang sudah ada, tiga DPO sudah diamankan dan tinggal tiga DPO lagi yang masih dalam pengejaran Densus 88, yaitu ARH, YI, dan SN," ujarnya.

"Kemudian terkait dengan seberapa besar jaringan teroris, ini masih didalami oleh penyidik Densus 88," tambahnya.

Simak video 'Profil Terduga Teroris Makassar yang Tewas: Eks Napiter-Anggota JAD':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/haf)