Penampakan Habib Rizieq Jalani Sidang Disertasi dari Rutan Bareskrim

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 11:55 WIB
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab (HRS) menjalani sidang disertasi secara online dari rutan Bareskrim Polri. Habib Rizieq dinyatakan lulus setelah menjalani ujian disertasi selama 3 jam.

Berdasarkan foto yang dibagikan oleh pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, HRS tampak mengenakan pakaian serbaputih. Dia juga terlihat memakai serban putih.

Dalam layar sidang disertasi secara online itu, Habib Rizieq tak sendiri. Ada Profesor Madya Dr Kamaluddin Nurdin Marjuni serta Dr Ahmed Abdul Malik selaku pihak penguji disertasi Habib Rizieq.

Aziz menyebut judul disertasi Habib Rizieq dalam bahasa Indonesia adalah 'Metodologi Pemilihan Antara Usul dan Furu' dalam Aqidah dan Syari'ah serta Akhlaq Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah'. Menurutnya, disertasi itu membahas seputar terorisme yang menyimpang dari Islam.

Habib Rizieq ikuti sidang disertasi secara daring (dok. Pengacara HRS)Habib Rizieq mengikuti sidang disertasi secara daring (Foto: dok. pengacara HRS)

"Arahnya membahas dan menentang terorisme sebagai ajaran menyimpang dari ajaran Islam," kata Aziz kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Azis menyebut disertasi itu terdiri atas ratusan halaman dan berbahasa Arab. Menurut Aziz, Habib Rizieq diberi waktu 3 hingga 12 bulan untuk melakukan revisi.

"Banyak, ratusan halaman, persisnya kan masih akan direvisi nanti. Nilainya nanti setelah revisi diselesaikan oleh HRS," ucap Aziz.

Waktu pelaksanaan ujian disertasi adalah 15 April 2021 pukul 3 sore waktu Malaysia. Pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, membenarkan uji disertasi itu. Habib Rizieq dinyatakan lulus dan resmi mendapatkan gelar PhD.

"Iya," ujar Sugito kepada detikcom, Kamis (15/4). Sugito menjawab pertanyaan wartawan apakah Habib Rizieq lulus uji disertasi dan mendapatkan gelar PhD dari Universiti Sains Islam Malaysia.

Habib Rizieq ikuti sidang disertasi secara daring (dok. Pengacara HRS)Habib Rizieq mengikuti sidang disertasi secara daring. (Foto: dok. Pengacara HRS)

Habib Rizieq pun memuji Polri dan kejaksaan yang memberikannya kesempatan untuk menuntaskan ujian disertasinya. Dia mengatakan pendidikan merupakan hak setiap warga negara.

"Mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Polri dan Bareskrim Polri yang dalam fungsi pelayanan dan pengayomannya membantu Al-Habib Muhammad Rizieq bin Husein Syihab dalam pemenuhan hak asasi manusianya yang dijamin oleh konstitusi sesuai amanat Pasal 28C UUD 1945 dan Pasal 12 UU No 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia, yakni hak atas akses pendidikan. Semoga Polri dan Bareskrim Polri dapat terus menjamin penegakan HAM di Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, dalam keterangannya.

(fas/haf)