Hujan Es Terjadi Lagi, Kini di Sumsel

Antara News - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 00:05 WIB
Hujan es di Sumatera Selatan (Dok Antara)
Foto: Hujan es di Sumatera Selatan (Dok Antara)
Pagaralam -

Kota Pagaralam, Sumatera Selatan dilanda hujan deras. Hujan disertai butiran es.

Dilansir dari Antara, hujan es tersebut dilaporkan oleh salah satu pengguna Instagram pukul 16.00 WIB. Hujan es tersebut disertai angin kencang.

"Hujan es bisa saja terjadi karena di dalam awan cummolonimbus (awan hujan) tersebut sebenarnya memang terdiri dari butiran es, yakni air pada level membeku (freezing)," ujar Kepala Unit Analisis dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta dilansir dari Antara, Kamis (15/4/2021).

Dari radar satelit BMKG, terdapat awan yang cukup tebal di wilayah Pagaralam. Menurut Sinta, Kota Pagaralam sedang mengalami musim pancaroba sehingga terdapat awan cummolonimbus.

Pada awan tersebut terjadi gejolak. Sehingga terdapat angin yang membuat butiran es jatuh ke bumi.

"Suhu di sana (Kota Pagaralam) masih kurang hangat untuk es dapat mencair semuanya ketika sampai di permukaan tanah," kata Sinta.

Secara teori hujan es bisa saja terjadi di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Namun, Kota Pagaralam memiliki suhu yang lebih rendah sehingga hujan es sering terjadi di sana.

BMKG mengimbau agar masyarakat waspada akan hujan es. Warga disarankan berlindung di dalam rumah ataupun di dalam mobil agar tak terkena butiran es.

(isa/imk)