Polisi Ungkap Detik-detik Pria Diamankan Terobos Kedubes Rusia

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 17:52 WIB
Polisi: Remaja Hendak Bunuh Diri di Mapolres Jaksel Idap Skizofrenia
Kapolres Jaksel Kombes Azis Andriansyah (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria berinisial G (34) ditangkap petugas keamanan Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia, Kuningan, Jakarta Selatan. Dia ditangkap setelah mencoba menerobos masuk ke Kedubes Rusia pagi tadi.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah menjelaskan, G mencoba menerobos masuk Kedubes Rusia pada pukul 08.15 WIB.

"Itu memaksa masuk, dia mencoba scan barcode HP-nya, karena tiap tamu kan memiliki barcode. Tapi, karena tadi dia memaksa untuk masuk, jadinya diamankan pihak sekuriti," ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/4/2021).

Petugas di kedubes Rusia menanyakan kepentingan pria itu, namun dia tidak bisa menjawab jelas apa maksud kedatangannya ke situ. Saat itu juga, pria itu langsung diamankan pihak kepolisian ditangani Polsek Metro Setiabudi.

"Dalam maksud datang ke kedutaan Rusia tidak menyampaikan apa-apa. Ketika ditanya kepentingannya, dia tidak menyampaikan," Ujar Azis.

Setelah diamankan dan interogasi, pria tersebut tak kunjung menjelaskan maksudnya. Diketahui pria tersebut mengalami gangguan jiwa.

Keluarganya pun membenarkan bahwa pria tersebut mengalami gangguan kejiwaan dan terobsesi dengan budaya Rusia. Saat ini pihak kepolisian didampingi keluarga membawa pria tersebut ke psikiater untuk ditindaklanjuti.

"Kemudian menghubungi keluarganya. keluarganya bilang katanya udah setahun ini memang mengalami gangguan. Dari keluarga juga bilang kalau dia ini beberapa waktu lalu memang suka searching budaya Rusia," ungkap Azis.

Simak video 'Staf Diplomatik Korut Angkat Kaki dari Kedubes di Malaysia':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/mei)