Mengapa Sandi Baru Ungkap Dugaan Korupsi 'Sepatu' Damkar Depok?

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 15:44 WIB
Petugas Damkar Depok Sampaikan Protes Dugaan Korupsi di Dinas Damkar Depok
Petugas Damkar Depok, Sandi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, Sandi, membongkar dugaan korupsi pengadaan sepatu di tempat kerjanya yang dianggarkan pada 2018. Mengapa Sandi baru mengungkap dugaan korupsi sepatu Damkar Depok 2018 tahun ini?

"Bagaimana ya, karena ya, tahu sendiri pimpinan selalu mengatakan, 'kalau misalnya kalian protes, kalau ini, silakan bikin surat pengunduran diri', gitu. Selalu berbicara kata-kata seperti itu, mengintimidasi anggota yang ingin menyuarakan hak, selalu seperti itu," ujar Sandi saat berbincang dengan wartawan, Kamis (15/4/2021).

Sandi mengaku mencintai dan bangga bisa berseragam damkar. Sandi menginginkan adanya perubahan di Damkar Depok.

"Dan kemarin saya pikir saya sudah kepalang tanggung. Itu sudah, di hati tuh. Saya begini karena saya mencintai pemadam. Saya bangga sama pemadam, seragam saya. Jadi saya mau perubahan," jelasnya.

Lebih lanjut, Sandi bercerita mendapat surat peringatan (SP) akibat membongkar dugaan korupsi di Damkar Depok ini. Dia pun mengatakan tidak mendapat penjelasan perihal SP itu dari pimpinannya.

"Saya masih bekerja, tapi sudah dikasih surat teguran, SP, SP1. Karena saya sebelumnya memang nggak pernah ada masalah, pekerjaan itu. Terus juga pas kemarin saya dikasih surat teguran, saya berpikir ini surat teguran apa, gitu. Jadi dukungan dari komandan regu juga, 'lu tetep masuk, karena lu nggak ada kesalahan dari kinerja', gitu," ucapnya.

"Ya saya juga menanyakan surat teguran itu kepada pimpinan. Pimpinan hanya bilang, 'ya udah lu terima aja itu surat teguran', begitu nggak menjelaskan," kata Sandi.

Awal mula pengungkapan dugaan korupsi sepatu Damkar Depok ada di halaman berikutnya.

Simak juga 'MenPAN-RB Ungkap Pencegahan Korupsi di Perizinan-Tata Niaga Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2