Round-Up

Geger Hujan Es di Bekasi Gegara Peralihan Musim

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 03:01 WIB
Bekasi -

Hujan deras mengguyur Bekasi, Jawa Barat, kemarin. Namun, hujan tersebut juga disertai oleh es sebesar kelereng.

Hal itu bermula dari laporan netizen di Twitter. Laporan pertama hujan es terjadi pada pukul 15.00 WIB.

Beberapa menyebut hujan es turun di wilayah Jatiasih dan Pondok Melati. Syamsudin Marzuki, salah seorang warga Alam Raya 2 Purigading, Jatimelati, Bekasi menceritakan momen hujan es ini.

"Jadi awalnya itu terang biasa, tiba-tiba seketika hujan. Hujan deras, hujan lebat. Disertai petir. Kita sempat khawatir sama suara ini," kata Syamsudin Marzuki kepada detikcom, Rabu (14/4/2021).

Dia mengatakan hujan sempat memicu genangan di depan rumahnya. Selanjutnya, dia mengaku mendengar suara seperti batu jatuh di atap rumahnya. Suara itu berasal dari butiran es yang jatuh.

"Muncul es. Bunyinya cetok-cetok. Bukan (seperti bunyinya) air, itu jenis (bunyi) batu," katanya.

Syamsudin mengatakan bahwa selama 20 tahun tinggal di kawasan itu, dia tak pernah melihat fenomena hujan es.

Dari pantauan radar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tampak ada hujan lebat di daerah Bekasi. Ada pembentukan awan yang cukup masif di langit Bekasi.

"Saya melihat siang hari ini terjadi pembentukan awan hujan yang cukup masif, akibat sistem konvektif yang kuat. Salah satu tanda yang mencirikan kita berada di masa peralihan musim dengan seringnya terjadi hujan es dan puting beliung," ujar Koordinator Subbidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2