Update Korban Bencana di NTT: 181 Orang Tewas, 47 Hilang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 17:02 WIB
Kondisi di Desa Nelelamadike, Flores Timur usai seminggu pasca-banjir Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (11/4/2021).
Kondisi di Desa Nelelamadike, Flores Timur, seminggu setelah banjir Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (11/4/2021). (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Korban meninggal dunia akibat bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah menjadi 181 orang. Sementara korban yang masih hilang 47 orang.

"Per hari ini yang meninggal 181 jiwa, total yang hilang masih seperti kemarin 47 jiwa," ujar Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (14/4/2021).

Josef menyampaikan jumlah korban luka ringan sebanyak 250 orang. Kemudian total warga yang masih mengungsi sebanyak 49.512.

"Luka berat di rumah sakit dan sudah mendekati kesembuhan," paparnya.

Selanjutnya dia juga memaparkan data terkait rumah penduduk yang rusak. Josef mengatakan 17.124 rumah warga rusak berat. Lalu sebanyak 13.652 rumah rusak ringan.

"Ini belum termasuk gedung sekolah, gedung pemerintah, itu belum dihitung, tapi ini yang kami hitung rumah penduduk yang terdampak bencana," kata Josef.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memastikan pihaknya terus mencari korban yang masih hilang secara optimal. BNPB saat ini belum akan menghentikan proses pencarian korban. Doni mengatakan pencarian korban akan dihentikan apabila sudah ada kesepakatan dari pihak keluarga

"Kita akan mencari terus sampai dengan optimal, jadi apa yang sudah kita gelar di lapangan baik yang Mabes Polri dan juga kerja sama BNPB dari beberapa provinsi, ini juga berjalan selama tiga hari kita tetap akan berupaya maksimal," ujar Doni saat konferensi pers secara virtual, Sabtu (10/4/2021).

(idn/idh)