Bisnis Sneakers Lokal Tetap Cuan di Masa Pandemi, Apa Rahasianya?

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 13:15 WIB
Aerostreet
Foto: Shopee
Jakarta -

Sukses dalam berbisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan agar usaha yang ditekuni bisa survive dalam setiap kondisi. Seperti halnya yang dilakukan Adhitya Caesarico, pemilik brand sneakers Aerostreet yang kini sudah merambah go internasional. Begini kisahnya.

Adhitya Caesarico memulai bisnis sejak tahun 2015, saat itu ia melihat bahwa ada kebutuhan untuk membuat sepatu yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satu konsumen yang disasarnya adalah kaum pria dan anak sekolah, sehingga ia menjual sepatu sekolah secara offline dari toko ke toko.

Setelah sekian lama menjual sepatu sekolah, Adhitya kemudian mengembangkan bisnisnya dengan menjual model lain dan menambah variasi produk sepatu yang dapat dijual. Kini, brand lokal yang dia tekuni tersebut terus berinovasi memperluas pasar dengan menjual sepatu olahraga, sepatu kasual dan formal.

"Seperti tagline dari Aerostreet 'Now everyone can buy a good shoes,' itulah yang menjadi harapan bahwa semua masyarakat Indonesia dari kalangan manapun, dapat membeli sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Setelah berjualan secara offline, dia memutuskan untuk menjual sepatunya secara online melalui platform e-Commerce Shopee. Awalnya, dia belum paham betul cara mengoperasikan toko secara online. Dengan bantuan edukasi, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee untuk menerapkan literasi digital, akhirnya Aerostreet memahami cara mengoperasikan bisnis secara efektif dan efisien secara digital.

Bergabung dengan Shopee pada bulan November 2019, Aerostreet secara perlahan menambah penjualan sepatu yang dibuatnya hingga sampai sekarang berhasil menjual puluhan ribu sepatu pria di aplikasi Shopee. Dengan keberhasilannya tersebut, saat ini Aerostreet memiliki gudang dan tim produksi sendiri.

Di tengah pandemi yang menjadi tantangan bagi semua orang, bisnis Aerostreet sempat mengalami penurunan yang drastis. Namun, Adhitya tidak tinggal diam, berbagai strategi dan adaptasi dilakukan Aerostreet untuk dapat terus bertahan. Dengan fokus untuk menjual dan memasarkan produknya secara digital di Shopee, digitalisasi bisnis akhirnya membuahkan hasil positif dan menaikkan hasil penjualan.

Ia pun merasakan banyak manfaat terutama dapat menjangkau pembeli dari seluruh wilayah Indonesia. Dengan berbagai program dan kampanye yang dimiliki oleh Shopee serta jumlah pengguna yang menyebar secara nasional, ia rasakan dampak yang signifikan dalam hal peningkatan penjualan.

"Program dan kampanye yang diberikan oleh Shopee sangat membantu peningkatan bisnis kami secara maksimal. Jumlah peningkatan penjualan yang dirasakan oleh Aerostreet mencapai 5 kali lipat sejak awal bergabung di Shopee dengan mengikutsertakan Aerostreet ke berbagai program serta kampanye yang dimiliki oleh Shopee. Peningkatan yang kami rasakan juga terjadi pada saat kemeriahan hari puncak kampanye di Shopee, di mana penjualan kam bisa mencapai ribuan sepatu," jelasnya.

Selain program dan kampanye yang diberikan oleh Shopee, Adhitya Caesarico juga diberikan pelatihan dan edukasi dalam memasarkan produknya melalui kelas-kelas menarik yang diberikan oleh Shopee antara lain pendaftaran dan pengemasan produk, pemasaran, fotografi produk, copywriting dan masih banyak lagi.

Diketahui, Aerostreet juga berpartisipasi dalam kampanye yang dihadirkan oleh Shopee yang mampu mendorong ketertarikan konsumen untuk berbelanja dan mengecek produk Aerostreet. Dengan adanya fitur gratis ongkir, diskon dan cashback juga menjadi salah satu nilai tambah untuk para konsumen. Aerostreet juga mengikuti program ekspor Shopee yang membuka kesempatan bagi para produsen dan penjual lokal, seperti Aerostreet dari Klaten ini, untuk bisa go global.

Tonton juga Video: Tips Tajir dari Bisnis Sneakers ala Nah Project

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)