Sosok Oktavianus-Yonathan, 2 Guru yang Tewas Ditembak KKB di Beoga Papua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 10:59 WIB
Oktavianus Rayo, guru yang tewas ditembak KKB di Kampung Julukoma, Distrik Beoga (dok Istimewa)

Foto didapat dari Puspen TNI
Oktavianus Rayo, guru yang tewas ditembak KKB di Kampung Julukoma, Distrik Beoga (dok Istimewa)
Jakarta -

Dua orang guru tewas ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Kedua guru tersebut bernama Oktavianus Rayo (42) dan Yonathan Renden (28).

Oktavianus Rayo ditembak KKB di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, pada Kamis (8/4). Sementara Yonathan ditembak pada Jumat (9/4) di Kampung Ongolan, Distrik Beoga.

Tindakan KKB tersebut dikecam Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal. Dia menilai tindakan para pelaku sangat keji dan biadab karena tidak berprikemanusiaan dan tak bertanggung jawab.

Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal (dok Istimewa)Foto didapat dari Puspen TNIWakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal (Foto: dok Istimewa)

"Penembakan itu kita kutuk, karena mereka biadab dan tidak pantas serta tidak layak mereka lakukan. Itu tindakan kriminal. Biadab, tak boleh seperti itu karena terjadi di kampung saya," tegas Wagub Klemen Tinal usai memimpin rapat terbatas seperti keterangan tertulis yang diterima Puspen TNI, Rabu (14/4/2021).

Kedua tenaga pendidik tersebut merelakan diri mengajar di pedalaman demi mencerdaskan kehidupan anak-anak Papua. Wagub meminta aparat TNI-Polri terus mengejar para pelaku agar bisa dimintai pertanggungjawaban.

Bupati Puncak Wilem Wandik mengatakan penembakan terhadap Oktavianus dan Yonathan adalah peristiwa pertama yang terjadi selama dirinya menjabat bupati. Dia berharap di waktu depan tak ada peristiwa serupa karena kehadiran guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Puncak.

"Guru dan tenaga medis adalah pejuang kemanusiaan mereka sepatutnya mendapat perlindungan," ungkap Wandik.

Simak sosok Oktavianus dan Yonathan di halaman selanjutnya.

Lihat Video: 2 Guru Tewas Ditembak KKB di Puncak Papua, Jenazah Dibawa ke Timika

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2