Dukungan-Tekanan Silih Berganti ke Petugas Damkar Pelapor Dugaan Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 07:50 WIB
Petugas Damkar Depok Sampaikan Protes Dugaan Korupsi di Dinas Damkar Depok
Sandi, petugas damkar Kota Depok mempublikasikan dugaan korupsi di instansinya. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sandi, si petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Depok yang menjadi sorotan lantaran berani mengungkap dugaan korupsi, menerima banyak dukungan atas sikapnya, baik dari pihak Istana Presiden maupun partai politik (parpol). Namun Sandi juga mengaku mendapat tekanan dari atasannya.

Dukungan datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di mana mereka mempersilakan Sandi melapor. Kemendagri akan mengakomodasi laporan Sandi.

"Hingga pagi ini kami belum mendapatkan laporan terkait hal tersebut. Kemendagri sangat terbuka, jika ada laporan dan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, untuk diproses lebih lanjut sesuai kewenangan yang dimiliki. Jadi silakan saja ditindak lanjut sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku," kata Kapuspen Kemendagri, Benni Irwan, Selasa (13/4/2021).

Benni mengatakan masyarakat memiliki hak untuk melapor kejanggalan tersebut. Kemendagri kemudian akan menindaklanjuti laporan-laporan yang ada.

"Bisa, setiap warga masyarakat memiliki hak untuk menyampaikan keluhan dan aduan, termasuk saran dan masukan atas kebijakan yang diterbitkan atau dilaksanakan oleh suatu badan publik," ujarnya.

"Kemendagri tentu akan tindak lanjut sesuai dengan aturan dan kewenangan yang dimiliki," lanjut Benni.

Seperti diketahui, Sandi meminta tolong kepada Kemendagri untuk menindak tegas pejabat Damkar Depok yang dia sebut menggelapkan pengadaan perlengkapan untuk petugas damkar. Permintaan tolong itu dituliskan Sandi di selembar kertas karton besar.

Selanjutnya, dukungan terhadap Sandi pun datang dari Istana Presiden. Sandi kini diminta datang ke Kantor Staf Presiden (KSP).

"Suruh dia untuk secepat mungkin siapkan data-data yang kuat, kemudian saya tunggu di kantor KSP, caranya seperti itu. Supaya nanti begini kan, apa pun alasannya," ucap Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi.

"Kalau dia benar-benar baik, dia benar-benar punya data yang kuat, dia benar-benar bisa menunjukkan fakta-fakta dengan dokumen-dokumen yang tidak diragukan tingkat kebenarannya, supaya nanti dia tidak usah takut. Saya akan backup dia, percaya itu," sambung Ngabalin.

Simak pihak-pihak yang membanjiri Sandi dengan dukungan di halaman berikutnya.

Tonton juga Video: MenPAN-RB Ungkap Pencegahan Korupsi di Perizinan-Tata Niaga Tinggi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4