Kembangkan Cepu Ecopark Mentul, Kementerian ESDM Garap Kebun Melon

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 16:05 WIB
ESDM
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) terus berinovasi di tengah pandemi. Terbaru, lembaga sertifikasi di bawah naungan Kementerian ESDM ini telah menanam ribuan tanaman melon sebagai salah satu pengembangan wisata di Cepu Ecopark Mentul di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kebun Melon di Cepu Ecopark Mentul tersebut merupakan sinergi antara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dengan petani lokal di wilayah Cepu untuk meningkatkan pertanian hortikultura buah melon dengan 3 varian, yakni Pertiwi Madu, Action Madu dan Golden Apollo.

"Ini merupakan bentuk sinergi antara Kementerian ESDM dan Pemerintah Kabupaten Blora sehingga perlu untuk ditingkatkan lagi di sektor yang lain, sehingga keberadaan Kementerian ESDM akan secara langsung dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas," ujar Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

"Harapan kita bersama adalah kami dari Kementerian ESDM dapat memberikan manfaat yang lebih lagi banyak terhadap masyarakat luas," imbuhnya saat mengawali panen raya dengan petik melon secara langsung bersama Bupati Blora Arief Rahman di Kebun Melon Cepu Ecopark Mentul, (9/4) lalu.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rahman mengatakan di samping pemanfaatan lahan, Kebun Melon di Cepu Ecopark Mentul tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk pengembangan potensi pariwisata di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Ia berpesan agar masyarakat sekitar Blora dapat mengunjungi Kebun Melon di Cepu Ecopark Mentul tersebut. Menurutnya, rasa dan kualitas melon di kawasan tersebut patut diacungi jempol dan bisa langsung dipetik dari pohonnya.

"Buah melon di Kebun Melon milik PPSDM Migas ini rasanya mantap dan segar," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Arief mengapresiasi peran PPSDM Migas karena telah membuat terobosan baru seperti pembangunan MCE dan pembangunan Migas Theatre. Dia pun kembali mengajak PPSDM Migas untuk bersinergi lagi mengoptimalkan aset karena tantangan untuk membangun Cepu dan Blora pada umumnya masih sangat besar.

"Banyak PR yang harus dilakukan untuk Kabupaten Blora. Maka dari itu kami dari Pemerintah Kabupaten Blora meminta bantuan dan dukungannya kepada teman-teman di KESDM untuk sesarengan Mbangun Blora agar menjadi daerah yang maju," jelas Arief.

(ncm/ega)