Sengketa Merek

Nintendo Rebut Super Mario Bros dari Pengusaha Indonesia

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 14:49 WIB
Super Nintendo World
Foto: Super Nintendo World
Jakarta -

Perusahaan game asal Jepang, Nintendo berhasil merebut merek Super Mario Bros dari pengusaha Indonesia, PT CI. Sebab, PT CI menggunakan gambar Super Mario Bros di kaus yang dijual olehnya. PT CI kini mengajukan kasasi.

"Menyatakan batal pendaftaran merek Super Mario Bros No. IDM000007313 pada kelas 25 atas nama Tergugat I (dahulu dimohonkan pendaftarannya oleh Tergugat II) dengan segala akibat hukumnya," demikian bunyi putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), yang dilansir website-nya, Selasa (13/4/2021).

Majelis menyatakan merek Super Mario Bros serta karakter Mario dan Luigi telah mencapai ketenaran di seluruh dunia dan reputasi tersebut telah pula diakui oleh Guinness World Records sebagai karakter game paling terkenal di dunia. Hal ini sebagaimana dimuat dalam Guinness World Records 2016 Gamer's Edition dan karakter game terlaris sebagaimana dimuat dalam Guinness World Records 2017 Gamer's Edition.


"Di Indonesia, gim Super Mario Bros dengan karakter Mario dan Luigi sudah terkenal di kalangan anak-anak dan dewasa. Game Super Mario Bros telah menjadi legenda game sepanjang masa dan tetap menjadi salah satu game terfavorit yang dirilis oleh Penggugat sejak pertama kali diluncurkan dalam media kartrid hingga versi terkini yang dapat diunduh," ujar ketua majelis Tuty Haryati dengan anggota Agung Suhendro dan Bambang Nurcahyono.

Apa alasan Nintendo dan PT CI memakai gambar Super Mario Bros itu? Baca halaman selanjutnya.

Simak juga 'Ini Sosok Dibalik Lahirnya Game Mario Bros':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2