detikcom Do Your Magic

Tahun Depan, SDA Jabar Bangun Tembok Cegah Longsor Jl Cilebut Bogor

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 13:23 WIB
Tebing jurang Jl Raya Cilebut arah Kota Bogor dikhawatirkan rawan longsor. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Tebing jurang Jl Raya Cilebut arah Kota Bogor dikhawatirkan rawan longsor. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Bandung -

Pembangunan tembok penguat tanah (TPT) di Jl Cilebut, Tanah Sareal, Kota Bogor, ada kemungkinan akan dimulai tahun depan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jawa Barat Dicky Ahmad Sidik saat dikonfirmasi detikcom.

"Ini sudah pernah disampaikan dan pernah disampaikan saat kunjungan Wakil Wali Kota Bogor ke kantor Dinas SDA Jabar," kata Dicky kepada detikcom, Selasa (13/4/2021).

Pembangunan tembok antilongsor harus menunggu sampai tahun depan karena ketidaktersediaan anggaran di Dinas SDA Jabar untuk perbaikan TPT Saluran Empang Cisadane tersebut.

"Untuk anggaran 2021 belum masuk, akan didorong bisa dilaksanakan tahun depan. Karena, seperti sudah saya sampaikan, kaitan kebutuhannya cukup besar," tutur Dicky.

Tebing jurang Jl Raya Cilebut arah Kota Bogor dikhawatirkan rawan longsor. (Afzal Nur Iman/detikcom)Tebing jurang Jl Raya Cilebut arah Kota Bogor dikhawatirkan rawan longsor. (Afzal Nur Iman/detikcom)

"Kalau dari usulan kota (untuk pembangunan TPT) sebesar Rp 70-an miliar, kalau tidak salah," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua RT 02 RW 03, Sukaresmi, Syafei mengatakan petugas kerap meninjau lokasi bekas longsor tersebut. Namun dia juga belum diberi informasi terkait kapan akan dilakukan pembangunan TPT.

"Belum, belum pasti, rencana aja, banyak yang ngontrol-ngontrol mah soal longsor," ujar Syafei saat ditemui di rumahnya, 25 Maret lalu.

Selanjutnya, keterangan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim sebelumnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2