Pencuri Onderdil di Monas Kepergok Dishub, Lalu Kabur dengan Aksi 'Parkour'

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 13:03 WIB
Mobil yang onderdilnya dicuri di IRTI Monas
Mobil yang onderdilnya diduga dicuri di IRTI Monas (Foto: dok. Dihsub DKI Jakarta)
Jakarta -

Pria yang diduga mencuri onderdil mobil di area parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, dipergoki oleh petugas. Saat akan diamankan, pria itu kabur dengan aksi ala parkour.

Anggota Derek Satpelhub Kecamatan Johar Baru Unit Sudin Perhubungan Jakpus, Dayan Sitanggang, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Senin (12/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu dia dan rekannya baru selesai memarkir kendaraan warga yang terkena penindakan dari Dishub.

"Saya kan habis mengantar mobil derek ke parkiran Monas hasil tindakan penderekan. Nah, di pojok ada mobil-mobil hasil penderekan yang belum diambil pemiliknya. Jadi waktu kita melintas, ada satu orang yang duduk di sekitar situ mengawasi. Spontanitas kita turun, ngapain duduk di situ. Jadi kan di situ ada mobil angkot. Nah, satu pelaku itu duduk di pintu mobil angkot itu," kata Dayan, Selasa (13/4/2021).

Pelaku yang kepergok mengawasi tersebut berujar tengah bersantai di lokasi. Perdebatan sempat terjadi antara Dayan dan satu pelaku tersebut.

Dayan mengatakan saat di lokasi satu pelaku itu terlihat membawa beberapa alat yang diduga digunakan untuk melakukan pencurian onderdil mobil. Orang tersebut dia lepaskan karena mengaku belum bisa menyimpulkan kegiatan pria itu.

"Di situ ada kunci-kunci peralatan untuk motong, ada gergaji, ada palu. Tapi jadi itu saya lepaskan awalnya karena nggak berani simpulkan," ujar Dayan.

Dayan kemudian berkeliling karena curiga. Saat berkeliling itulah dia dan rekannya menemukan satu pelaku lain tengah bersembunyi di bagian bawah mobil lama yang terparkir.

"Ada satu pelaku lagi di bawah lagi sembunyi, mungkin karena kepergok dia. Makanya nemu-lah satu lagi tengkurap di bawah. Kita suruh keluar," tutur Dayan.

Dia sempat menginterogasi pelaku tersebut. Namun pelaku melarikan diri dengan melompat pagar. Walau sempat dikejar, pelaku itu tidak dapat diamankan oleh Dayan.

"Saya kejar lompat pagar dia masuk ke Lenggang Jakarta ke tempat kantin-kantin itu. Di kantin itu banyak warung ketutup, kemungkinan di situ dia masuk ke salah satu warung itu saya nggak bisa ngelacak. Saya kehilangan jejak di situ. Saya keliling nggak nemu. Dugaan saya, dia sempat berada di salah satu warung itu. Kan saya nggak mungkin buka satu-satu," terang Dayan.

Tonton juga Video: Wanita Muda Ini Curi Mobil dengan Modus Bius, Ternyata Residivis

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2