Tarawih Perdana Sejak Pandemi, Masjid Agung Palembang Penuh Jemaah

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 23:35 WIB
Warga antusias melaksanakan salat tarawih di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang (Prima Syahbana/detikcom)
Foto: Warga antusias melaksanakan salat tarawih di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang menggelar tarawih berjemaah setelah pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4). Warga antusias melaksanakan salat tarawih di hari pertama di Masjid Agung Palembang.

Pantauan detikcom, Senin (12/4/2021), terlihat ramai warga berdatangan memasuki masjid yang menjadi salah satu ikon bersejarah di Sumatera Selatan (Sumsel) ini. Pengurus masjid sudah mengurangi kapasitas jemaah. Dan jemaah tampak tertib memakai masker dan menjaga jarak.

"Alhamdulillah, saya sengaja jauh-jauh salat di masjid ini karena imamnya hafiz Al-Qur'an semua. Saya tidak takut walau saat ini masih dalam kondisi (pandemi) COVID-19 karena saya niat beribadah lillahita'ala," kata Irawan, salah satu warga asal Jakabaring Palembang saat ditemui di lokasi.

Irawan mengaku pihak masjid sudah memberikan imbauan dan edukasi soal protokol kesehatan ke para jemaah seperti menjaga jarak dan bermasker selama berada di masjid. Selain itu, di depan pintu masuk juga sudah disiapkan tempat mencuci tangan.

Warga antusias melaksanakan salat tarawih di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang (Prima Syahbana/detikcom)Suasana salat tarawih perdana di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang sejak pandemi COVID-19 (Prima Syahbana/detikcom)

"Ini sudah dibatasi di dalam, di depan juga ada tempat mencuci tangan. Yang masuk ke masjid diwajibkan menggunakan masker dan di lantainya juga disilang-silang buat tanda jarak. Di dalam jaga jarak semua, tapi ya tergantung orangnya masing-masing," ungkapnya.

Salat tarawih digelar sebanyak 20 rakaat dan witir 3 rakaat tersebut berlangsung khidmat. Salat tarawih berjemaah dipimpin langsung Imam Besar Masjid Agung Palembang, Ustaz Nawawi Dencik.

"Salat terawih dan Witir tadi dipimpin oleh Imam Besar Masjid Agung, Ustaz Nawawi Dencik. Saya sangat lega bisa kembali melakukan salat tarawih berjemaah di masjid karena tahun kemarin kan tidak bisa," ungkapnya.

(jbr/jbr)