Andre Rosiade Fasilitasi 7 Kepala Daerah Sumbar Temui Menkop UKM

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 19:18 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade memfasilitasi pertemuan tujuh kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM.
Foto: Dok. Istim
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade memfasilitasi pertemuan tujuh kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM.

Ketujuh kepala daerah tersebut antara lain, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, WaliKota Pariaman Genius Umar, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul. Sementara Menkop didampingi oleh Sesmenkopukm Arif Rahman dan Deputi Usaha Mikro Eddy Satriya.

Andre menjelaskan pertemuan itu dilakukan untuk percepatan pembangunan Sumbar, terutama di sektor koperasi dan UMKM. Sehingga masyarakat Sumbar bisa merasakan dan mendapatkan manfaat langsung dari pertumbuhan ekonomi yang disumbangkan sektor tersebut.

"Kami anggota DPR RI ini jadi dutanya Sumbar. Hari ini hadir tujuh kepala daerah dengan berbagai warna, kami ingin melakukan kolaborasi agar terjadi percepatan pembangunan di Sumbar," ujar Andre dalam keterangan tertulis, Senin (12/4/2021).

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini menjelaskan langkah memfasilitasi kepentingan para kepala daerah tersebut sebagai bentuk komitmen sebagai kader Gerindra dalam memberikan manfaat kepada masyarakat Sumatera Barat.

"Ini bentuk kerja nyata kami agar terjadi percepatan pembangunan di Sumbar. Kita tahu pergerakan ekonomi Sumbar salah satunya karena UMKM. Sementara saat ini APBD kami terkena COVID-19. Harapannya, dengan bantuan BLT UKM dari Pak Menteri perekonomian Sumbar segera bergerak," ungkap Andre.

Dalam pertemuan itu, para kepala daerah menyampaikan langsung aspirasinya kepada Menkop UKM. Di antaranya, Kota Bukittinggi yang menyodorkan konsep penyelamatan 7.000 UMKM dengan pendekatan koperasi hingga kebutuhan 150 food truck untuk memperkuat wisata kuliner Kota Bukittinggi.

Sementara Kota Sawah Lunto dan Kabupaten Padang Pariaman membutuhkan pelatihan marketing untuk UMKM dan UMKM center sebagai pusat penjualan dan memamerkan produk, pusat pelatihan dan intermediasi permodalan.

Selain itu, Kabupaten Tanah Datar membutuhkan kemudahan izin hingga bantuan permodalan, lalu Kabupaten Sijunjung dan Kota Padang Panjang yang saat ini membutuhkan penambahan kuota BLT UMKM serta pelatihan bagi UMKM, serta Kota Pariaman yang membutuhkan dukungan untuk pengembangan wisata kuliner.

Sementara itu,, Menkop UKM Teten Masduki menyebutkan banyak program yang bisa diakses langsung oleh kepala daerah yang dibawa Andre Rosiade ke Kementerian itu.

"Terima kasih Pak Andre yang begitu serius membawa para kepala daerah di Sumbar ke pusat. Ini adalah cara cepat untuk membawa anggaran pusat ke daerah," ucapnya.

"Kami berkomitmen untuk memperbanyak KUR (kredit usaha mikro), pengembangan permodalan UMKM, dana bergulir, koperasi produksi, dan UMKM Center yang diusulkan akan dianggarkan," pungkas Teten.

(akd/ega)