Tolong! Bayi Asal Riau Ini Lahir dengan Usus di Luar Perut

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 17:41 WIB
Ilustrasi bayi
Foto: Ilustrasi bayi. (Getty Images/iStockphoto/Liudmila_Fadzeyeva)
Pekanbaru -

Seorang bayi asal Rokan Hulu, Riau terpaksa harus dibawa pulang dari RS Arifin Achmad karena orang tua terganjal biaya. Padahal, bayi itu seharusnya dirawat karena mengalami omphalocele sejak lahir.

Informasi diterima detikcom, bayi laki-laki itu lahir dari pasangan Izuldi (46) dan Rita (40). Bayi lahir pada 15 Maret lalu dengan kondisi omphalocele dan dirujuk ke rumah sakit Arifin Achmad Pekanbaru.

"Bayi ini merupakan pasien yang dibiayai sebagai peserta BPJS. Semua pembiayaan pelayanan kesehatannya selama di rumah sakit ditanggung negara melalui BPJS," kata Direktur RSUD Arifin Acmad, Nuzelly Husnedi, Senin (12/4/2021).

Menurut Nuzelly, bayi masuk 19 Februari saat masih berusia 4 hari. Selama dalam perawatan dilakukan perbaikan keadaan umum sesuai dengan kondisi klinisnya oleh doker Spesialis Anak di dalam ruang khusus Instalasi Perinatologi.

Perkembangan penyakit terus dipantau dan ada perbaikan. Sesuai kondisi penyakitnya memerlukan waktu yang lama atau bahkan bisa berbulan-bulan menungu daerah yang terbuka tertutup secara alamiah.

"Selama di rumah sakit, tidak ada tindakan operasi segera yang dapat dilakukan untuk kasus pasien ini. Kondisi demikian itu telah dijelaskan kepada orang tua dan keluarga," katanya.

Selanjutnya, keluarga meminta bayi untuk dibawa pulang dan dirawat di rumah. Hal itu setelah keluarga terganjal biaya untuk mendampingi bayi selama proses pengobatan.

"Pasien ini dibawa pulang atas permintaan keluarga pada 6 Apri kemarin. Alasannya yakni akan merawat bayi di rumah sendiri. Walaupun merupakan hak keluarga untuk membawa pulang pasien, namun petugas tetap memberikan penjelasan apa yang bisa dilakukan keluarga karena seharusnya pasien tetap berada dalam perawatan RS," kata Nuzelly.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Terduga Ibu Jasad Bayi dalam Lemari di Tasik Dirawat di RS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2