Menkominfo Tinjau Infrastruktur Terdampak Banjir NTT: 450 BTS Down

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 15:42 WIB
Menkominfo Johnny G Plate di Flores Timur, NTT, Senin (12/4/2021).
Menkominfo Johnny G Plate di Flores Timur, NTT. (Fathan/detikcom)
Flores Timur -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau infrastruktur komunikasi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Johnny menyebut ada 450 BTS atau base transmission station yang terkena dampak pascabanjir bandang.

"Dari sisi infrastruktur di NTT, ada 2.794 BTS aktif, 450-nya terdampak down. Sampai saat ini masih ada 450 yang belum bisa berfungsi dengan baik," ujar Johnny di Desa Nelelamadike, Ile Boleng, Flores Timur, NTT, Senin (12/4/2021).

Dia merinci, dari 450 BTS yang down tersebut, 444 di antaranya merupakan milik operator seluler. Sementara 6 lainnya berasal dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemkominfo.

"Di antaranya adalah 444 BTS yang dibangun oleh operator selular yang saat ini harus segera kita hidupkan kembali dari 2.638 BTS, Ban BTS-nya Kominfo BAKTI ada 6 yang down dari 156 BTS. Jadi totalnya ada 2.794 BTS di NTT, 450-nya masih down," ucap dia.

Johnny menjelaskan, down-nya BTS tersebut karena power supply atau listrik yang juga mati. Menurutnya, Kominfo telah mencoba mencari solusi meskipun masih belum optimal.

"Kita sudah coba untuk menggunakan standby power supply genset tapi itu pun juga belum bisa optimal karena harus tersedia bahan bakar. Kita harapkan itu segera bisa dipulihkan," kata Johnny.

Dia menyebut ketersediaan listrik sangat berhubungan dengan operasional saluran telekomunikasi. Oleh sebab itu, Kominfo terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait demi penyelesaian masalah.

"Ya kalau komunikasi lintas kementerian lembaga itu selalu dilakukan, koordinasi itu selalu dilakukan. Bencana inikan bukan kali pertama. Bencana sudah terjadi berkali-kali di Indonesia, kita ini di daerah ring of fire, banyak sekali bencana," tuturnya.

"Kerja sama antara Kominfo, Kementerian BUMN, PLN, di tingkat lapangan itu berjalan dengan baik. Demikian halnya dengan operator-operator seluler," jelas Johnny menambahkan.

Selanjutnya, Johnny juga mengungkapkan Telkomsel merupakan operator seluler yang paling terdampak dalam bencana ini. Kata Johnny, ada 748 BTS milik Telkomsel yang down.

"Yang paling terdampak adalah operator seluler Telkomsel. Ada 1.302 BTS Telkomsel di NTT, yang terdampak 748 down dan sudah berhasil dihidupkan kembali 371 BTS, tersisa 377," imbuhnya.

(zak/zak)