Operasi Keselamatan Dimulai, Polda Metro Fokus Edukasi Larangan Mudik

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 09:43 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beserta Wagub DKI A Riza Patria
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beserta Wagub DKI A Riza Patria (Yogi Ernes-detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan menjelang Ramadhan 2021. Operasi ini berfokus pada edukasi larangan mudik.

"Operasi Keselamatan Jaya ini juga akan dilaksanakan sosialisasi secara masif tentang imbauan tidak mudik. Nyok di Jakarta aja kata orang Betawi. Kita di Jakarta aja kagak usah mudik. Kita tunda tahun depan mudiknya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/3/2021).

Operasi Keselamatan Jaya dimulai hari ini, Senin, 12 April 2021. Selain sosialisasi larangan mudik, dalam operasi tersebut petugas akan mengetatkan sosialisasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

"Kita ingin masyarakat tetap bisa melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan seperti puasa, sahur, zakat, taraweh, tadarus, dan sebagainya dengan khusyuk dan lancar namun juga tetap memperhatikan keselamatan dari tertular COVID-19," ungkap Fadil.

Mantan Kapolda Jatim ini mengatakan ada lima sasaran Operasi Keselamatan Jaya. Selain melakukan sosialisasi larangan mudik dan disiplin protokol kesehatan, operasi ini pun bertujuan untuk meminimalisir gangguan keamanan di masyarakat selama bulan Ramadhan.

"Kita berupaya meminimalisir gangguan kamtibmas seperti balap liar dan polusi suara knalpot bising. Serta melaksanakan manajemen lalu lintas dalam mengantisipasi arus mudik," terang Fadil.

Sementara itu di kesempatan sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Ahmad Patria menambahkan, pihaknya mendukung gagasan Kapolda Metro untuk masyarakat Jakarta agar tetap berada di rumah dan menunda mudik tahun ini. Riza menyebut apel ini sebagai bentuk kesiapan seluruh jajaran dalam menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat soal larangan mudik.

"Seperti program Kapolda nyok kita bareng tinggal di Jakarta saya kira ini program dan gagasan yang baik apalagi operasi Keselamatan Jaya pagi ini gagasan baik di awal kita sudah siap menunjukkan kesungguhan keseriusan jajaran aparat untuk mendukung program yang sudah disampaikan pemerintah pusat," ungkap Riza.

Operasi Keselamatan Jaya 2021 digelar mulai tanggal 12-25 April 2021. Operasi tersebut diketahui sebagai tindakan sebelum dilakukan Operasi Ketupat Jaya.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021. Kebijakan tersebut dimulai pada tanggal 6-17 Mei nanti.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mendukung keputusan pemerintah tersebut. Sebanyak 8 titik penyekatan akan dijaga petugas untuk mencegah masyarakat mudik.

Simak juga video 'Mudik Dilarang, Terminal Kampung Rambutan Tutup Rute Antar Kota':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)