Pohon Tumbang Dievakuasi, KRL Rute Tanah Abang-Sudimara Masih 'Ngetem'

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 17:21 WIB
Petugas KCI Masih Berupaya Mengevakuasi Pohon Tumbang di Rute Lintasan Tanah Abang-Sudimara
Petugas KCI Masih Berupaya Mengevakuasi Pohon Tumbang di Rute Lintasan Tanah Abang-Sudimara (Sachril Agustin B/detikcom)
Jakarta -

Perjalanan KRL rute Tanah Abang-Sudimara masih terhambat karena ada pohon tumbang yang melintang di perlintasan kereta. Pihak KRL pun masih berupaya mengevakuasi pohon tersebut.

Pantauan detikcom, KRL dari Stasiun Pondok Ranji ke Stasiun Kebayoran terhenti, tepatnya di sekitar Taman Bendi Barat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel), Minggu (11/4/2021), sekitar pukul 17.00 WIB. KRL berhenti karena ada sejumlah pohon tumbang yang menutupi jalur kereta.

Sejumlah petugas pun tampak melakukan pembersihan. Terlihat petugas dengan alat golok, gergaji mesin, tangga, dan tali tambang berupaya mengevakuasi pohon-pohon yang menutupi jalur KRL.

Tidak ada penumpang KRL yang keluar meski pintu kereta dibuka. Tampak bangku KRL dipakai sebagai pijakan jika ada penumpang KRL yang ingin turun terlebih dahulu.

Kebanyakan penumpang berdiri di pintu atau melihat proses evakuasi pohon tumbang ini dari jendela. Terlihat juga sejumlah anak-anak yang bermain di sekitar KRL.

Petugas masih mengevakuasi pohon tumbang ini. Batang pohon besar yang menutupi jalan kereta dirobohkan dengan ditarik memakai tali tambang. Proses pembersihan ini masih dilakukan dan KRL belum bisa melintas kembali.

"KRL berhenti dari jam 14.00 WIB. Pas berhenti, kondisi lagi hujan. Iya sudah ada sekitar 3 jam kurang," ujar seorang penumpang KRL, Ahmad.

Terpantau di sekitar Taman Bendi, ada banyak pohon yang tumbang. Petugas menurunkan sejumlah alat agar pohon yang tumbang ini bisa segera dievakuasi.

Sebelumnya, perjalanan KRL rute Tanah Abang-Sudimara terhambat sore ini. Pasalnya pohon tumbang dan melintang di tengah rel pada rute tersebut.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala perjalanan KRL yang terjadi di lintas Tanah Abang-Sudimara PP pada sore hari ini akibat adanya pohon tumbang di jalur rel antara Stasiun Kebayoran-Stasiun Pondok Ranji," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

(sab/maa)