Jemaah An-Nadzir Gowa Sulsel Mulai Puasa Besok

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 23:15 WIB
An arabesque lantern lamp Symbol of Ramadan times, also a famous Middle eastern (specially in morocco and Egypt) lighting decoration item..Some copy space was left up to fit greeting or title textMore Similar and Arabia Related..
Ilustrasi (Foto: iStock)
Gowa -

Jemaah An-Nadzir Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai menjalankan ibadah puasa esok hari. Puasa ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang akan jatuh pada Senin (12/4) mendatang.

"Jadi kami sampaikan berdasarkan musyawarah besok mulai puasa dengan niat menyambut ramadhan," ujar Pimpinan Jamaah An-Nadzir Samiruddin Pademmui, kepada detikcom, Sabtu (10/4/2021).

Untuk diketahui, Jemaah An-Nadzir adalah kelompok yang jemaahnya sebagian besar bermukim di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Gowa. Kelompok tersebut setidaknya punya jemaah 100 KK atau 400 orang anggota dewasa dan anak-anak.

Samiruddin menjelaskan, pada Minggu (11/4) besok sudah mulai memasuki ramadhan tapi belum sempurna. Untuk hitungan sempurna 1 ramadhan disebut Samiruddin baru jatuh pada Senin (12/4) mendatang.

Meski 1 ramadhan baru jatuh pada Senin pekan depan, jemaah An-Nadzir sudah akan melakukan puasa dalam rangka menyambut bulan suci.

"Kebiasaan kita, ada istilah menyambut ramadhan, artinya dalam keadaan berpuasa ramadhan masuk. Tapi hitungan sempurna 1 ramadhan itu hari Senin," imbuh Samiruddin.

An-Nadzir sendiri memiliki sejumlah metode dalam menentukan apakah ramadhan sudah masuk atau belum. Salah satunya dengan cara melakukan pemantauan akhir bulan, yakni sejak tanggal 27, 28, dan 29 bulan berjalan.

Simak selengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2