Survei IPO: Sri Mulyani Paling Memuaskan, Sederet Menteri Layak Reshuffle

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Maruf Amin saat memimpin rapat kabinet terbatas tentang hilirisasi industri produk-produk unggulan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Presiden Joko Widodo menyatakan industri nasional telah mampu membuat produk-produk dengan teknologi unggulan dan meminta dapat terus dikembangkan dengan pendanaan riset yang memadai dari BUMN serta swasta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Foto ilustrasi: Rapat kabinet sebelum era Pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Survei persepsi publik ini menunjukkan menteri-menteri yang dianggap paling memuaskan. Selain itu, ada menteri yang paling mengecewakan hingga yang dinilai paling layak di-reshuffle.

Survei ini dihasilkan oleh Indonesia Political Opinion (IPO), disampaikan dalam acara diskusi Polemik Trijaya bertajuk 'Evaluasi Kabinet dan Peta Politik 2024', Sabtu (10/4/2021).

Survei dilakukan pada 10 Maret sampai awal April, melibatkan 1.200 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling, sampling error 2,5%, dengan tingkat akurasi data 97%. Hasil survei dipaparkan oleh Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah.

"Ibu Sri Mulyani dianggap sebagai menteri yang bekerja paling memuaskan," kata Dedi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi menteri yang dipersepsikan sebagai menteri yang bekerja paling memuaskan. Sebaliknya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dianggap sebagai menteri yang paling tidak memuaskan alias mengecewakan.

Ada pula menteri yang dianggap publik paling layak di-reshuffle. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menjadi menteri yang dianggap paling layak di-reshuffle.

"Ini kalau diasumsikan atau dikaji lebih dalam, nama-nama ini (yang dianggap layak reshuffle) sebetulnya adalah nama-nama yang berkaitan dengan program-program selama pandemi," kata Dedi.

Selanjutnya, hasil survei selengkapnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2