Bareskrim Limpahkan Berkas Perkara Pendiri Pasar Muamalah ke Kejaksaan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 15:42 WIB
Zaim Saidi
Zaim Saidi (Foto: dok. Facebook)
Jakarta -

Bareskrim Polri telah merampungkan penyidikan terhadap pendiri Pasar Muamalah Depok, Zaim Saidi. Berkas perkara Zaim Saidi telah dilimpahkan ke kejaksaan.

"Berkas sudah dikirim ke kejaksaan," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Brigjen Helmy Santika saat dimintai konfirmasi, Sabtu (10/4/2021).

Helmy mengatakan pihaknya masih menunggu berkas diteliti oleh pihak kejaksaan.

"Menunggu P21," ujar Helmy.

Sebelumnya, Zaim Saidi ditangkap pada Selasa (2/2) di Depok. Zaim Saidi disebut berperan sebagai inisiator dan penyedia lapak Pasar Muamalah.

Dia diduga merupakan pengelola dan Wakala Induk, yakni tempat menukarkan rupiah dengan koin dirham dan dinar sebagai alat tukar dengan barang yang diperdagangkan.

Penangkapan ini bermula dari informasi yang diperoleh Bareskrim terkait video viral transaksi dinar dan dirham di Pasar Muamalah di Jalan Tanah Baru, Beji, Depok. Zaim kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Zaim Saidi kemudian mengajukan penangguhan penahanan. Permohonan itu dikabulkan oleh Bareskrim Polri.

"Karena alasan kemanusiaan, yang bersangkutan ada sakit," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika melalui pesan singkat, Kamis (25/3).

Selain itu, Helmy mengatakan pemeriksaan terhadap Zaim sudah selesai. Selama menjalani pemeriksaan, Zaim pun dinilai kooperatif.

Setelah penangguhan dikabulkan, Zaim diharuskan melakukan wajib lapor ke Bareskrim sekali dalam seminggu.

Lihat Video: Inisiator Terancam 1 Tahun Bui, Ini Fakta-fakta Pasar Muamalah

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)