Top 5 News

Mrs World 2020 Ditahan hingga Jokowi Bentuk Kementerian Investasi

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 21:04 WIB
top5newsyamaha
Foto: detikcom
Jakarta -

Mrs World 2020 Caroline Jurie ditahan kepolisian Sri Lanka. Hal ini merupakan buntut dari drama pencopotan paksa mahkota Mrs Sri Lanka 2021, Pusphika De Silva.

Informasi lainnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk Kementerian Investasi. Rencana tersebut telah mendapatkan persetujuan DPR RI.

Selain dua berita di atas, ada beberapa informasi lain yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (9/4/2021).

1. Buntut Drama Mrs Sri Lanka, Mrs World Ditahan Polisi

Caroline Jurie yang juga pemenang Mrs Sri Lanka 2019 ditahan kepolisian Sri Lanka setelah mencopot mahkota dari kepala Pushpika De Silva di seremoni kemenangan, akhir pekan lalu. Model Chula Padmendra juga ditahan atas kasus tersebut.

Kabarnya, polisi telah memanggil ketua penyelenggara Mrs Sri Lanka Chandimal Jayasinghe. Sebelumnya, Jayasinghe meminta maaf terkait insiden tersebut.

Baca Selengkapnya: Mrs World Ditahan Polisi

2. Jokowi Akan Bentuk Kementerian Investasi

Dalam rapat paripurna penutupan masa sidang IV tahun 2020-2021, DPR RI menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pembentukan Kementerian Investasi.

Hadirnya Kementerian Investasi tidak mengubah jumlah kementerian di Kabinet Indonesia Maju. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan digabungkan dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Baca Selengkapnya: Pembentukan Kementerian Investasi

3. TMII Akan Dikelola BUMN Pariwisata

Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII diambil alih oleh negara. Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut TMII akan dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN) pariwisata.

Pratikno mengatakan TMII akan dikelola oleh lembaga yang profesional. Hal itu bertujuan agar TMII dapat berkontribusi bagi keuangan negara.

Baca Selengkapnya: Pengelolaan TMII oleh Negara

4. Pemerintah Perketat Larangan Mudik Lebaran 2021

Melanjutkan kebijakan pelarangan mudik lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan yang mengatur ketentuan operasional selama mudik Lebaran. Dalam Permenhub tersebut, seluruh moda transportasi dilarang beroperasi selama 6-17 Mei 2021.

Namun, ada beberapa kendaraan yang masih boleh melakukan perjalanan selama periode larangan tersebut.

Baca Selengkapnya: Pembatasan Transportasi saat Periode Mudik Lebaran

5. Sulitnya Pencarian Korban Bencana NTT

Presiden Joko Widodo menyebut hingga saat ini masih ada 45 orang yang masih hilang akibat banjir bandang di NTT. Jokowi menyebut banyak material batu besar yang menjadi kendala proses pencarian korban.

Berdasarkan laporan dari BNPB, ada 165 orang meninggal dunia dan 45 hilang. Bencana di NTT disebabkan munculnya siklus Tropis Seroja.

Baca Selengkapnya: Pencarian Korban Bencana NTT

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)