Menhub Kaget Bandara di NTT Sempat Terendam Banjir 1 Meter Akibat Badai

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 17:41 WIB
Menhub Budi Karya saat mengecek dampak bencana di NTT. Salah satu yang terdampak adalah bandara di Waingapu.
Petugas saat membersihkan lintasan bandara dari lumpur setelah terendam banjir. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Waingapu -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bandara di Waingapu ini terkena terjangan badai dan sempat terendam banjir 1 meter.

"Beberapa bandara yang terkena musibah. Ada yang kena badai, ada yang banjir. Nah di sini bandara di Waingapu ini pada saat 5 hari yang lalu tingginya 1 meter. Jadi saya bayangkan ini satu peristiwa yang dahsyat ya," kata Budi Karya di Waingapu, Jumat (9/4/2021).

Budi Karya mengaku prihatin atas bencana di NTT. Dia mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk pembangunan fasilitas yang rusak akibat bencana di NTT.

"Saya prihatin tentang ini, karena Waingapu tidak pernah ada banjir seperti ini. Nah bersama saya ada pak Bupati, nanti menjelaskan, tetapi memang kita harus lakukan koordinasi dengan Kementerian PU," kata Budi Karya.

"Dan saya akan kirimkan kepada menteri PU, melaporkan bahwa terdampak terhadap bandara dan perumahan di sekitar sini tuh cukup masif ya," sambungnya.

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing menjelaskan, badai di Waingapu menyebabkan 12 ruas jalan dan 15 jembatan rusak. Selain itu, ada satu bendungan yang jebol sehingga lahan di sekitar tidak mendapatkan saluran air.

"Memang kalau melihat bencana ini, bencana banjir dan bencana angin dan akibat dari bencana tersebut, ada kurang lebih 12 ruas jalan yang putus dan 15 jembatan," ujar Khristofel.

"Ada lima bendungan yang rusak total dan satu bendungan Kambaniru yang mengairi 1.440 hektare itu, itu adalah bendungan yang terbesar, jebol dan rusak total. sehingga aliran airnya tidak lagi ke saluran," tambahnya.

Kini petugas bandara sedang bergotong royong membersihkan landasan bandara dari lumpur sisa banjir. Lumpur disingkirkan menggunakan semprotan air dari salah satu mobil damkar.

Sebelumnya, Budi Karya juga meninjau Pelabuhan Tenau, NTT. Dia memberikan bantuan paket sembako dan masker kepada warga sekitar.

Beberapa sudut pelabuhan rusak akibat banjir bandang yang melanda NTT. Rumah-rumah warga di sekitar pun juga masih ada yang terlihat rusak.

(haf/haf)