Sejumlah Pedagang Jualan Lagi Usai Kebakaran di Pasar Kambing Jakpus

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 10:13 WIB
Kebakaran di Pasar Kambing
Kondisi Pasar Kambing setelah kebakaran (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pedagang hewan ternak kembali berjualan pascakebakaran di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka memanfaatkan lapak yang tidak terdampak kebakaran.

detikcom memantau suasana di Pasar Kambing, Jakpus, Jumat (9/4/2021). Terlihat kambing dan sapi yang dijual oleh para pedagang.

Salah satu pedagang, Aan, mengatakan mulai berjualan kembali sejak pukul 07.00 WIB tadi. Aan memiliki 25 ekor kambing yang hendak ia jual dan semuanya dalam kondisi yang baik.

"Iya (jualan lagi). Sebabnya ini nggak kebakar, yang nggak kebakar ya dibuat jualanlah," ujar Aan saat ditemui detikcom di Jl Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakpus, Jumat (9/4/2021).

Kebakaran di Pasar KambingSalah seorang pedagang di Pasar Kambing, Aan (Rahmat Fathan/detikcom)

Di beberapa lapak hewan ternak yang telah kembali berjualan, terlihat ada puing-puing bekas kebakaran masih berserakan. Kayu-kayu yang terbakar juga terlihat di lapak pedagang.

Selain itu, beberapa kambing terlihat masih berada di SD yang tak jauh dari pasar. SD tersebut dijadikan sebagai tempat pengungsian hewan ternak saat terjadi kebakaran.

Pedagang lainnya yang ditemui di lokasi, Abidin, mengatakan kambing-kambing yang ada di SD tersebut adalah kambing-kambing yang siap potong.

"Buat potongan. Bakal dipindahin lagi ke sini. Itu cuma sementara saja," kata Abidin.

Adapun lokasi kebakaran lainnya terlihat dipasangi garis polisi. Tak ada warga yang masuk ke lokasi kebakaran.

Terlihat kepulan asap bekas kebakaran masih ada di beberapa titik. Lapak-lapak pedagang yang terbuat dari kayu tampak hangus terbakar.

Sebelumnya, Wali Kota Jakpus Dhany Sukma mengatakan ada ratusan lapak dan puluhan kios yang terbakar. Dhany menyebut lokasi pasar yang terbakar ini berada di area PD Pasar Jaya.

"Alhamdulillah, semua sudah bisa diselesaikan. Tinggal saat ini sudah teridentifikasi kurang-lebih 136 lapak dan 40 kios yang terbakar. Semua berada di PD Pasar Jaya," ujar Dhany setelah api dipadamkan sepenuhnya, di Jl Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakpus, Kamis (8/4) malam.

Lokasi Pasar Kambing ini kurang-lebih berjarak 1,3 km dari Stasiun Tanah Abang dan 900 meter dari Pasar Tanah Abang. Luas area yang tedampak kebakaran sekira 5.000 meter persegi. Kerugian akibat kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang ini pun ditaksir Rp 1 miliar.

Simak Video "Pasar Kambing Terbakar: 136 Lapak Ludes, Miliaran Rupiah Melayang":

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)