Kebakaran Jadi Momok, 35 Pasar Terbakar Sejak Januari 2021

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 09:12 WIB
Pasar Kambing kebakaran (Fathan/detikcom)
Pasar Kambing, Jakarta Pusat, terbakar. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran besar terjadi di Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin. Peristiwa tersebut menambah catatan pasar tradisional yang mengalami kebakaran pada awal 2021.

Ikatan Pedang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat ada 35 pasar tradisional di Indonesia yang mengalami kebakaran. Data tersebut tercatat dari awal Januari hingga 8 April 2021.

"Ada 4.028 kios dan los yang terdampak dari 35 kasus kebakaran dengan 3 orang meninggal dunia hingga April 2021," ujar Sekjen DPP Ikappi Reynaldi Sarijowan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (9/4/2021).

Reynaldi mengatakan rata-rata 10 pasar di Indonesia terbakar setiap bulan. Hal itu menyebabkan 39 kios hangus terbakar setiap harinya.

"Kebakaran ini menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sektor perdagangan di pasar tradisional," ucapnya.

Karena itu, Ikappi mendesak para stakeholder senantiasa memperhatikan sarana keselamatan di pasar. Selain itu, pengawasan pengendalian kebakaran juga perlu diperhatikan.

"Masalah terbesar pasar tradisional adalah kurangnya manajemen pengelolaan dan pengawasan dari pemerintah yang masih jauh dari kata layak. Saya berharap pemerintah menambah kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya di sektor pasar tradisional," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma mengatakan kebakaran di Pasar Lontar bisa dipadamkan sekitar pukul 18.15 WIB. Ratusan lapak dan puluhan kios terbakar akibat peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah, semua sudah bisa diselesaikan. Tinggal saat ini sudah teridentifikasi kurang-lebih 136 lapak dan 40 kios yang terbakar. Semua berada di PD Pasar Jaya," ujar Dhany saat ditemui wartawan di lokasi kebakaran, di Jl Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakpus, Kamis (8/4/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video "Pasar Kambing Terbakar: 136 Lapak Ludes, Miliaran Rupiah Melayang":

[Gambas:Video 20detik]