Wagub: Larangan Mudik Tak Terlalu Pengaruhi Pariwisata Bali

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 13:27 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
Foto: Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. (Tim detikcom)

Cok Ace mengatakan, biaya karantina bagi wisatawan yang positif COVID-19 akan ditanggung oleh mereka sendiri. Maka dari itu, pihaknya menekankan agar wisatawan yang datang ke Bali nantinya dibekali dengan asuransi kesehatan yang menanggung COVID-19. Sebab bila seandainya wisatawan itu positif COVID-19 saat di Bali, mereka harus mempunyai biaya yang cukup untuk membayar biaya karantina.

Hingga kini, kata Cok Ace, persiapan pembukaan wisatawan di tiga zona hijau sudah hampir selesai. Bahkan di beberapa zona sekarang sudah mulai memperluas wilayah vaksinasi. Kemudian berbagai persiapan administrasi masuk ke Bali saat ini juga sedang disiapkan, baik oleh pihak imigrasi maupun Kementerian Luar Negeri.

Untuk vaksinasi, Cok Ace mengatakan Bali sudah mendapatkan vaksin sebanyak 1 juta dosis lebih. Dari 1 juta dosis tersebut, sekitar 600 ribu dosis sudah disuntikkan kepada masyarakat.

"Itu sekitar 600 (dosis) yang sudah berjalan, jadi kira-kira masyarakat kita sudah hampir 400 (orang) yang sudah tervaksin," terang Cok Ace.


(idh/idh)