Jadi Tersangka, Pemotor Penembak Mobil Anggota DPRD Sintang Ditahan

Idham Khalid - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 17:37 WIB
Mobil anggota DPRD Sintang ditembak pemotor.
Tersangka penembak mobil anggota DPRD Sintang. (Dok Polda Kalbar)
Sintang -

Stefanus Rudi (25), pria bermotor, ditetapkan menjadi tersangka usai menembak mobil milik anggota DPRD Sintang, Kalimantan Barat, Nicodemus. Stefanus kini ditahan polisi.

"Sudah tersangka dan ditahan," ujar Kabid Humas Polda Kalbar Donny Charles Go saat dihubungi, Rabu (7/4/2021).

Atas aksinya itu, Stefanus dijerat pasal percobaan pembunuhan dan perusakan. "Pasalnya percobaan 338 (Pasal 338 KUHP) dan perusakan," katanya.

Stefanus Rudi ditangkap Unit Rekrim Polsek Binjai Hulu di kediamannya pada Senin (5/4), pukul 17.15 WIB.

Penembakan ini terjadi pada Minggu (4/4), sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu Stefanus hendak pulang ke rumah dengan mengendarai sepeda motor sendiri dan berpapasan dengan mobil korban di jalanan yang sempit.

"Kondisi jalannya miring pelaku berpapasan dengan mobil warna hitam pada saat itu mobil tersebut tidak mau bergantian melewati jalan tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, mobil tersebut hampir menyenggol sepeda motor pelaku hingga oleng tapi masih bisa dikendalikan. Saat itu pelaku sempat meneriaki mobil tersebut tetapi tetap melanjutkan perjalanannya.

"Dan hal itu membuat pelaku emosi dan jengkel, kemudian pelaku pun berbalik arah untuk mengejar mobil tersebut untuk menegur pengemudinya," ujarnya.

Saat mengejar mobil tersebut, Donny melanjutkan, pelaku bertemu dengan seseorang dan meminjam senapan angin. Pelaku lalu mengajak saksi tersebut mengejar mobil tersebut dan didapati sedang berjalan pelan di dekat pintu gerbang selamat datang Desa Binjai Hilir.

"Pelaku menghentikan sepeda motornya dengan posisi duduk di atas sepeda motor pelaku langsung memompa senapan angin tersebut dan mengisi pion (peluru) dengan satu tangan sebelah kiri kemudian pelaku pun mengarahkan senapan ke arah mobil tersebut, niat pelaku ingin menembak bak mobil. Setelah menembakkan senapan angin tersebut pelaku pun putar balik ke arah pulang ke rumah," ujarnya.

(nvl/idh)