Nasib Museum Soeharto: Digagas Ibu Tien, Kini Diminta Disita Pebisnis Singapura

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 11:40 WIB
Museum Purna Bhakti Pertiwi (MPBP)  TMII
Museum Purna Bhakti Pertiwi di TMII (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Perusahaan asal Singapura, Mitora Pte Ktd, menggugat 5 anak Presiden Soeharto senilai Rp 584 miliar ke PN Jaksel. Museum Purna Bhakti Pertiwi (MPBP), yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), juga diminta untuk disita dalam proses tersebut. Bagaimana sejarah museum yang menyimpan koleksi barang keluarga Cendana ini?

Dikutip dari laman situs TMII, pembangunan Museum Purna Bhakti Pertiwi bermula dari gagasan Istri Presiden Soeharto, Tien Soeharto. Perempuan yang akrab disapa Bu Tien ini ingin agar koleksi barang-barang keluarga Soeharto, termasuk cendera mata yang diperoleh dari para sahabat dan kenalannya selama masa kepemimpinannya dapat dinikmati oleh Masyarakat luas.

Museum ini dibangun oleh Yayasan Purna Bhakti Pertiwi selama 5 tahun, yakni dari 26 Desember 1987 hingga 26 Desember 1992, di atas area seluas 19,73 ha. Museum ini diresmikan dan mulai dibuka pada 23 Agustus 1993.

Secara garis besar bangunan MPBP dapat dibagi menjadi 3 kelompok:
a. Bangunan Utama
b. Bangunan Penunjang
c. Tata ruang luar

Bangunan utama seluas kurang-lebih 2,5 ha ini terdiri atas satu bangunan kerucut utama dan empat kerucut sedang, berfungsi sebagai ruang pameran.

Bangunan penunjang terdiri atas gerbang penerima, kios cendera mata, kafetaria, kantor pengelola, musala, shelter, restoran, arena bermain untuk anak-anak, dan sangkar burung merak putih. Sedangkan tata ruang luar yang berfungsi sebagai area rekreasi dan penghijauan ini terdiri atas berbagai area taman dan tanaman langka khas Indonesia.

Sebagai wahana pengumpul, pelestarian, dan penelitian, MPBP juga menghimpun dan melestarikan berbagai jenis tanaman langka khas Indonesia, seperti jambu mawar, rambutan Irian, pohon laki-laki, dan duwet putih.

Lihat juga Video: Gugatan Rp 56 M Tommy Soeharto ke Pemerintah Berlanjut Tahap Mediasi

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2