Tarhib Ramadhan BAZNAS, Ketum PBNU Serukan Gerakan Cinta Zakat

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 18:49 WIB
BAZNAS
Foto: BAZNAS
Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengundang Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan ormas-ormas Islam dalam Tarhib Ramadhan yang diadakan saat penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021. Pada kesempatan ini, BAZNAS mengajak seluruh organisasi Islam tersebut untuk bersama-sama menyerukan Gerakan Cinta Zakat.

"Gerakan Cinta Zakat adalah level tertinggi dalam ibadah zakat. Karena kita berzakat dengan rasa cinta. Sebab, imanku adalah cintaku. Ini maqam yang sangat tinggi," ujar Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4/2021).

Dalam ceramahnya, KH Said menjelaskan hakikat zakat adalah tazkiyat al-nafs atau pembersihan jiwa. Ia pun mengajak masyarakat untuk membersihkan diri dengan berzakat dan mendukung Gerakan Cinta Zakat.

"Zakat adalah untuk pembersihan jiwa atau membersihkan diri sendiri. Kalau bukan kita yang membersihkan diri sendiri, lalu siapa? Karena itu, mari kita bersihkan diri dengan berzakat. Dalam hati kita ada basyirah, yaitu penglihatan batin yang berfungsi membedakan yang benar dan salah. Mari kita bersihkan dengan berzakat dan mendukung Gerakan Cinta Zakat," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan Tarhib Ramadhan ini dihadiri oleh Ketua BAZNAS KH Noor Achmad, Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum, Pimpinan BAZNAS yang juga Sekjen World Zakat Forum (WZF) Zainulbahar Noor, Pimpinan BAZNAS, Muhamad Nadratuzzaman Hosen, Rizaludin Kurniawan, Saidah Sakwan, Kol. (Purn) Nur Chamdani, dan Pimpinan BAZNAS yang juga Ketua Umum Panitia Rakornas Zakat 2021, KH. Achmad Sudrajat.

Selain itu hadir juga Direktur Utama BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, Sekretaris Umum Panitia Rakornas Zakat 2021 yang juga Sekretaris BAZNAS, Jaja Jaelani, Direktur Operasi merangkap Plt. Direktur Pendistribusian BAZNAS Wahyu TT Kuncahyo, Ketua Panitia Ramadhan BAZNAS 2021 Fitriansyah Agus Setiawan, Pimpinan BAZNAS provinsi se-Indonesia, serta amilin-amilat BAZNAS.

Ketua BAZNAS KH. Noor Achmad menyampaikan terima kasih pada Ketua Umum PBNU yang telah hadir pada Tarhib Ramadhan ini.

"Terima kasih sekali atas kehadiran Buya Said Aqil. Ceramah beliau pada Tarhib Ramadhan ini, menjadi bekal bagi kita untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan dan membumikan Gerakan Cinta Zakat," pungkasnya.

Dengan semangat, Noor menyampaikan dorongannya pada amilin-amilat untuk bekerja keras mencapai target-target yang sudah direncanakan guna menyukseskan program perzakatan di Bulan Suci Ramadhan.

"BAZNAS dengan ormas Islam, NU dan Muhammadiyah bersama menyerukan Gerakan Cinta Zakat. Mari kita sambut dan songsong Ramadhan dengan penuh semangat dan spirit Gerakan Cinta Zakat. Mari bekerja keras melayani umat dan mencapai target-target yang sudah direncanakan untuk menyukseskan program perzakatan di Bulan Suci Ramadhan," ujar Prof. Noor Achmad.

Ia pun mengungkap Rakornas Zakat 2021 ini berhasil mengumpulkan donasi dari para peserta sebesar Rp 1,1 miliar untuk korban banjir Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Noor juga menjelaskan masyarakat dapat melakukan transfer zakat melalui sejumlah rekening dalam negeri a.n. Badan Amil Zakat Nasional yang tersedia, antara lain

- BNI Syariah (BSI) 0095555554

- BRI Syariah (BSI) 1000783214

- Bank Muamalat 3010070753

- BSM (BSI) 7001325498

- CIMB Niaga Syariah 860000148800

- Bank Mega syariah 1000015559

- BCA 6860148755

- Bank Mandiri 0700001855555

- BRI 050401000239300

- Permata Syariah 971006455

- BTN Syariah 7011001155

- Bank Syariah Bukopin 8800255016

Sementara itu, informasi daftar rekening bank lainnya juga dapat disimak lebih lanjut melalui baznas.go.id/rekening. Tak hanya rekening, BAZNAS juga menyediakan pembayaran melalui mitra digital lainnya antara lain:

- LINE bit.ly/zavirabaznas

- Gopay bit.ly/gopay-baznas

- LinkAja bit.ly/linkaja-baznas

- Kitabisa kitabisa.com/baznas

- Peduli Sehat pedulisehat.id/zakatbaznas

- We care wecare.id/baznas

- Benih Baik bit.ly/zakat-benihbaik

- Tokopedia bit.ly/baznas-tokopedia

- Bukalapak bit.ly/baznas-bukalapak

- Shopee bit.ly/baznas-shopee

- Elevenia bit.ly/baznas-Elevenia

- Blibli bit.ly/baznas-Blibli

- Lazada bit.ly/baznas-Lazada

- JDID bit.ly/BAZNAS-JDID

- E-salaam bit.ly/zakat-esalaam

- dan puluhan platform digital lainnya pada menu zakat / donasi

Untuk informasi dan konfirmasi donasi, Anda dapat menghubungi Contact Centre BAZNAS via WhatsApp bit.ly/WhatsApp-087877373555 atau melalui email di layananmuzaki@baznas.go.id. Anda juga dapat dengan mudah menunaikan zakat melalui BAZNAS di tautan berikut baznas.go.id/bayarzakat.

(ncm/ega)