Kunjungi Sumbar, Ma'ruf Amin Minta Warga Tak Takut Divaksin

Lisye Sri Rahayu, Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 11:48 WIB
Wapres Maruf Amin tinjau vaksinsi di Pariaman, Sumatera Barat
Wapres Ma'ruf Amin di Pariaman Sumbar (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presidan Ma'ruf Amin meninjau vaksinasi di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Ma'ruf mengajak masyarakat tidak takut divaksinasi COVID-19.

"Alhamdulillah hari ini saya bisa menyaksikan vaksinasi di Kota Pariaman dan saya lihat berjalan dengan baik, dari proses pendaftaran, verifikasi sampai kepada vaksinasi sampai kepada pascavaksinasi ternyata tidak ada akibat divaksin itu," kata Ma'ruf di Pariaman, Selasa (6/4/2021).

"Oleh karena itu, pertama saya mengharap masyarakat termasuk yang lansia tidak perlu takut, tidak perlu ragu untuk divaksin, misalnya ada ketakutan atau ada apa-apa. Ini dari pengalaman-pengalaman, termasuk di sini tidak ada masalah," sambungnya.

Ma'ruf kembali mengingatkan bahwa vaksinasi merupakan kewajiban dalam Islam. Kewajiban itu akan gugur jika kekebalan komunal telah tercapai.

"Makanya para ulama menyatakan bahwa divaksin itu wajib, hukumnya fardu kifayah, karena kalau tidak divaksin, tidak tercapai 70%, tidak tercapai herd immunity itu, sehingga karena menghilangkan penyakit itu menurut para ulama itu wajib hukumnya," katanya.

Kepada para tokoh masyarakat, Ma'ruf meminta agar sosialisasi mengenai vaksin COVID-19 digencarkan sehingga bisa menekan penularan virus Corona.

"Karena itu kita harus mensosialisasi tentang kewajiban bervaksin dalam rangka menjaga diri dan menjaga orang lain. Ini hal yang barang kali terus disosialisasikan," kata dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf mengucapkan dukacita terhadap bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ma'ruf memastikan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan proses evakuasi dan penanggulangan.

"Yang ingin saya sampaikan juga, kita bangsa Indonesia sedang prihatin karena terjadinya musibah di NTT yang tidak kita duga ternyata korbannya di atas 100. Karena itu, saya menyampaikan turut berdukacita dan mudah-mudahan musibah ini tidak lagi akan mengulangi dan pemerintah melakukan upaya penanggulangan secara cepat dan Kepala BNPB Bapak Doni sekarang sudah di sana, yang semula akan hadir di sini karena ada acara penanaman pohon beliau kemarin terpaksa harus terbang ke NTT untuk melihat apa yang terjadi di sana dan melaporkan," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3