Kapolri Mutasi 50 Pati dan Pamen, Ini Daftar Lengkapnya

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 23:41 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tinjau Piala Menpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. Kemenpora)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan tiga surat telegram tentang rotasi dan mutasi puluhan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono telah membenarkan puluhan pati dan pamen dimutasi dalam telegram itu.

"Ya, benar," ujar Argo melalui pesan singkat, Senin (5/4/2021).

Ada sekitar 50 pamen dan pati Polri yang dimutasi. Rotasi ini tertuang dalam tiga Surat Keputusan Kapolri bernomor ST/725/IV/Kep/2021, ST 724/IV/Kep/2021, ST 738/IV/2021 pada tanggal 1 April 2021. Telegram itu ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam surat bernomor ST/725/IV/Kep/2021, ada 17 perwira yang dimutasi, salah satunya Komjen Petrus Golose. Dia dimutasi sebagai perwira tinggi (pati) Bareskrim Polri dalam rangka penugasan di luar struktur Polri, yakni menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Selanjutnya, Irjen Abdul Hasyim Gani, yang menjalani penugasan pada Kementerian Perdagangan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang STIK Lemdiklat Polri. Irjen Pol Opik Taofik Nugraha Pati Baharkam Polri, penugasan pada Kementerian Perdagangan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian, Irjen Ade Deriyan Jayamarta selaku pati Bareskrim Polri penugasan pada Kemenparekraf dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidkor Bareskrim Polri. Brigjen John Turman Panjiatan pati Bareskrim Polri penugasan pada BNN dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri.

Sementara itu, di surat ST 724/IV/Kep/2021, sejumlah jenderal dimutasi untuk persiapan pensiun. Di antaranya Irjen Eko Daniyanto, Irjen Sudarsono, Irjen Widiyarso Herry Wibowo, Irjen Dwi Hartono, Brigjen Nanang Hadiyanto, Brigjen I Putu Gede Suastawa, Brigjen Suparwoto, Brigjen Parimin Warsito, Brigjen Amran Ampulembang, Brigjen Evie Suoth, dan Brigjen Sri Suari.

Setidaknya terdapat 50 perwira Polri yang dimutasi dalam tiga telegram itu. Ada yang berpangkat komjen, irjen, brigjen, hingga kombes.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2