Round-Up

Anggapan Keramat Salah Alamat di Tanah Kuburan yang Meninggi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 22:46 WIB
Padang -

Fenomena tanah kuburan 'menggelembung' di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), betul-betul membetot perhatian banyak pihak. Lokasi tersebut tak pernah sepi didatangi warga.

Fenomena tanah kuburan meninggi itu mulai dikaitkan dengan hal mistis. Warga menganggap makam itu keramat dan melempar uang ke atas makam.

Makam tersebut berlokasi di Korong atau Kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman. Di lokasi terlihat ada uang nominal Rp 2.000 hingga Rp 10 ribu.

Uang itu bertebaran di atas tanah kuburan yang meninggi. Warga melemparkan uang dari luar pagar pembatas makam.

"Ini sedekah saja. Mudah-mudahan memberikan manfaat dan kebaikan," kata salah satu warga asal Padang, Yuni, setelah melemparkan uang ke atas kuburan.

Warga mulai keramatkan kuburan yang tanahnya meninggi di Sumatera BaratWarga mulai mengeramatkan kuburan yang tanahnya meninggi di Sumatera Barat (Jeka Kampai/detikcom)

Yuni mengaku datang dari Padang karena penasaran terhadap tanah kuburan yang meninggi tersebut. Dia mengatakan makam itu keramat.

"Katanya ini makam keramat," jelas Yuni.

Pengunjung lain, Upik Nur, melakukan hal serupa. Dia percaya makam tersebut punya nilai keramat.

"Saya dapat kabar dari mulut ke mulut dan datang ke sini," kata dia.

Persepsi warga bahwa makam tersebut keramat bikin geleng-geleng kepala. Wali Korong Sungai Asam, Anuar, mengaku sudah mengimbau warga agar tidak berbuat hal tersebut. Namun peringatan tersebut tak bisa membendung warga.

Bagaimana analisis lain terkait fenomena tanah kuburan menggelembung? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2