Menlu-Erick Thohir ke China Bahas Vaksin Corona hingga Investasi

Antara - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 20:15 WIB
Menlu Retno Marsudi memimpin acara jalan santai Diplomatic Walk di kawasan GBK, Senayan, Jakarta. Jalan santai itu rangka menyambut Asian Games 2018.
Menlu Retno Marsudi Bersama Menteri BUMB Erick Thohir dalam acara menyambut Asian Games di kawasan GBK, (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Lalu Menteri Perdagangan M Lutfi bertemu dengan beberapa pengusaha di China yang bergerak di bidang pertanian dan perkakas rumah tangga dengan menghasilkan komitmen impor dari Indonesia senilai 1,38 miliar dolar AS atau sekitar Rp 20,04 triliun.

Mendag dan Menteri BUMN juga menerima rencana investasi Shandong Timber and Wood Association senilai 1,35 miliar dolar AS atau sekitar Rp 19,6 triliun di Indonesia.

Sebelumnya, Menlu Wang Yi, yang juga anggota Dewan Negara China datang ke Indonesia pada Januari 2021 telah menghasilkan MOU "Two Countries Twin Parks" sebagai kesepakatan kerja sama antara Fuqing Yuanhong Industrial Park di Provinsi Fujian) dengan tiga mitra kawasan industri di Batang, Bintan, dan Semarang.

"Kerja sama dalam kerangka Belt and Road Initiative tersebut diharapkan dapat menjadi kanal hijau untuk lebih mempromosikan promosi perdagangan dan investasi kedua negara," kata Dubes Djauhari.

Halaman

(aik/gbr)