Andre Rosiade: Mendag Akan ke Sumbar Kawal Revitalisasi 2 Pasar

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 09:48 WIB
Andre Rosiade
Foto: dok. Andre Rosiade
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar). Dalam kunjungannya, Lutfi diketahui akan memastikan lokasi rencana rehabilitasi Pasar Fase VII Pasar Raya Padang dan revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi seperti yang diusulkan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

Sebagai informasi, Lutfi sebelumnya telah menyetujui penggunaan dana pusat untuk rehabilitasi kedua pasar pada pertemuannya dengan Andre Rosiade dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar. Ia menekankan pembangunan bukan dibangun oleh pihak ketiga atau investor sebab sejak awal telah ditentang oleh para pedagang terutama di Kota Padang.

Sementara itu, Andre Rosiade yang juga ketua DPD Partai Gerindra Sumbar mengungkap Lutfi telah memastikan kedatangannya sejak pekan lalu untuk melihat langsung kondisi dua pasar tersebut. Ia menyebutkan bangunan pasar dinilai sudah tidak layak lagi beroperasi dan harus segera dimodernisasi.

"Pak Mendag akan menepati janjinya berkunjung ke Sumbar jelang Ramadhan ini. Tak tanggung-tanggung, dia langsung meminta melihat dua titik pasar yang insyaallah akan dibangun oleh APBD pada tahun 2022. Bahkan, Mendag meminta Pemko Padang dan Pemko Bukittinggi menyiapkan DED (detail engineering design) atau rancangan bangunan. Pak Mendag akan mengawal proses revitalisasi dua pasar tersebut," kata Andre dalam keterangan tertulis, Minggu (4/4/2021).

Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini pun mengatakan mulanya usulan rehabilitasi Pasar Fase VII ini datang dari pedagang yang tak ingin dibangun oleh investor. Ia melanjutkan pedagang menilai hal tersebut akan membahayakan dan merugikan mereka yang sudah puluhan tahun berusaha di lokasi itu.

Guna mempercepat pembangunan, kata Andre, dia juga telah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Andre menyebutkan Menteri PUPR juga mendukung penuh rencana itu. Bahkan, lanjutnya, Tim Kementerian PUPR bersama Kemendag juga telah turun ke lokasi Fase VII dan Pasar Bawah pada 17 Maret 2021 lalu.

Diketahui, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar juga menanti revitalisasi pasar 'legend' di Bukittinggi itu. Erman menilai kondisi pasar sudah tidak layak huni dan sering tergenang air karena posisinya berada di bawah saluran air.

Lebih lanjut, ia menyebutkan revitalisasi pasar ini setidaknya membutuhkan dana Rp 400 miliar yang hanya bisa dibangun oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar pun mengungkap akan menyambut penuh kedatangan Mendag ke Padang. Menurutnya, pembangunan Fase VII memang hanya bisa dimaksimalkan dengan dana pusat sebab biayanya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Selain itu, Ketua Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Padang Asril Manan mengaku lega dengan rencana pembangunan Fase VII oleh pemerintah pusat. Ia mengatakan dengan rencana tersebut ketakutan pedagang akan masuknya investor sedikit sirna. Asril pun menyebutkan para pedagang menunggu aksi nyata dari pusat.

"Kami sudah dengar kabar dari pak Andre Rosiade kalau pak Menteri betul yang datang. Dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri juga sudah menghubungi dan ingin berdialog langsung dengan pedagang. Kami berterima kasih atas kerja nyata pak Andre Rosiade agar pasar ini dibangun," kata Asril.

Simak juga video 'Tips Menampilkan Suatu Produk di Medsos':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)